Konstruksi Realitas Media Pada Radio K-Lite 107.1 FM Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Kosntruksi Realitas Media Pada Program Womanpreuneurship Radio K-Lite 107.1 FM Bandung)

Nurdianti Putri, Rezky (2017) Konstruksi Realitas Media Pada Radio K-Lite 107.1 FM Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Kosntruksi Realitas Media Pada Program Womanpreuneurship Radio K-Lite 107.1 FM Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Konstruksi Realitas Media Pada Radio K-Lite 107.1 FM Bandung mengenai Program Womenpreuneurship. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tahapan-tahapan konstruksi yang dimulai dari tahap mempersiapkan materi, sebaran materi, pembentukan materi hingga konfirmasi materi konstruksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif. informan yang berjumlah 4 (empat) orang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tahap menyiapkan materi diawali dengan pencarian narasumber dan materi dibuat berdasarkan pengalaman nyata narasumber dan diambil satu tema besar dalam setiap episode, tahap sebaran konstruksi dengan peciptaan theater of mind oleh penyiar serta tambahan coach bisnis, tahap pembentukan konstruksi dikaitkan dengan pengalaman nyata dengan penggunaan gaya bahasa yang bisa membawa emosi pendengar, dan tahap konfirmasi terlihat ketika pendengar mau dan sukarela mendengarkan program womenpreuneurship. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konstruksi realitas media pada program womenpreuneurship tidak terjadi secara instan dan dibutuhkan waktu yang tepat untuk penyiarannya. Dimulai dari tahap menyiapkan materi hingga tahap penyebaran harus dilakukan secara terus menerus dan waktu yang tepat sehingga tujuan dari program ini akan terlaksana dengan baik. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah untuk lebih baik lagi dalam system rating guna mengetahui perkembangan yang lebih detail demi keberhasilan program Womenpreneurship. Lalu jika dirasa program tersebut sangat penting bagi radio K-Lite yang ingin mengkonstruksi pendengar sebaiknya pilih waktu yang memang para pendengar pasti mendengarnya mengingat segmentasi dari program ini adalah wanita karir dan ibu rumah tangga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Sosial Media Massa, Konstruksi Realitas Media pada Radio, Radio K-Lite, Womenpreuneurship
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57576

Actions (login required)

View Item View Item