Pembingkaian Berita Revitalisasi Taman Tegalega (Studi Analisis Framing Zhongdang Pan Dan Gerald M Kosicki dalam Pemberitaan Revitalisasi Taman Tegallega di Media Cetak Pikiran Rakyat dan Tribun Jabar Edisi 9 Februari 2017)

Faizal Ramadhan, Muhammad (2017) Pembingkaian Berita Revitalisasi Taman Tegalega (Studi Analisis Framing Zhongdang Pan Dan Gerald M Kosicki dalam Pemberitaan Revitalisasi Taman Tegallega di Media Cetak Pikiran Rakyat dan Tribun Jabar Edisi 9 Februari 2017).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembingkaian berita Revitalisasi Taman Tegallega di Media Cetak Pikiran Rakyat dan Tribun Jabar Edisi 9 Februari 2017. Untuk menjawab penelitian ini peneliti menggunakan empat struktur pengamatan yang dijadikan sub-fokus sebagai identifikasi masalah yaitu Struktur Sintaksis, Struktur Skrip, Struktur Tematik dan Struktur Retoris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis framing model Zhondang Pan dan Gerald M. Konsicki. Model ini digunakan untuk mengetahui bagaimana wartawan menyusun peristiwa kedalam bentuk umum berita, cara mengisahkan peristiwa, kalimat yang dipakai, sehingga terlihat bagaimana wartawan menekankan makna atas peristiwa yang terjadi. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara, studi pustaka dan internet searching. Hasil penelitian menunjukan Dari segi Sintaksis, dalam penyajian Revitalisasi Taman Tegallega yang dimuat oleh Media Cetak Pikiran Rakyat dan Tribun Jabar banyak mencantumkan kutipan narasumber dan kutipan itu mengungkapkan setiap persoalan yang terjadi. Dari Segi Skrip, Pikiran Rakyat dan Tribun Jabar sudah memenuhi unsur kelengkapan berita yaitu 5W + 1H. Kedua media tersebut menonjolkan peristiwa yang terjadi dan bagaimana seharusnya reaksi pemerintah dalam penanggulangan dalam permasalahan Revitalisasi Taman Tegallega. Dari Segi Tematik, penyajian berita Pikiran Rakyat dan Tribun Jabar terdapat satu sampai dua tema dalam satu berita, terdapat konherensi sebab-akibat, penjelas, juga kesan-kesan yang berasal dari penekanan isu. Dari Segi Retoris, dalam Media Cetak Pikiran Rakyat dan Tribun Jabar terdapat penekanan atau penonjolan dari kata, foto, maupun kalimat pada setiap Revitalisasi Taman Tegallega. Pembingkai yang terlihat dari hasil analisis menunjukan bahwa kedua media tersebut lebih menonjolkan isu yang bahwa pemerintah sebaiknya merencanakan dengan baik penyelesaian proyek revitalisasi taman tegallega. Saran dari penelitian ini adalah Media Cetak Pikiran Rakyat diharapkan tetap mempertahankan objektifitasnya dalam pemberitaan dan Tribun Jabar diharap lebih dalam dalam mengupas sebuah peristiwa yang ada.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembingkaian, Berita, Revitalisasi,Taman Tegallega, Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57587

Actions (login required)

View Item View Item