Strategi Komunikasi Bina Masyarakat (BINMAS) Kepolisian Resort (POLRES) Subang Melalui Program Polisi Santri Dalam Meningkatkan Citra Positif Polisi

Irawan, Fajar (2017) Strategi Komunikasi Bina Masyarakat (BINMAS) Kepolisian Resort (POLRES) Subang Melalui Program Polisi Santri Dalam Meningkatkan Citra Positif Polisi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Maksud penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang Komunikasi Bina Masyarakat (Binmas) Kepolisian Resort (Polres) Subang Melalui Program Polisi Santri Dalam Meningkatkan Citra Positif Polisi. Untuk menjawab strategi komunikasi tersebut, peneliti menggunakan subfokus perencanaan, tujuan, pesan, dan media. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian adalah Kepala Satuan, Anggota Kepolisian, serta tiga Informan Pendukung dua Pihak Pondok Pesantren dan satu lagi Masyarakat Umum yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi non partisipan, internet searching, dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, Bina Masyarakat (BINMAS) Kepolisian Resort (POLRES) Subang melakukan strategi komunikasi dengan menentukan Perencanaan yang dilakukan kurang baik, dengan tujuan untuk Meningkatkan Citra Positif Polisi, Pesan yang ingin disampaikan Polisi yang lebih dekat dengan masyarakat, dan Polisi yang Humanis. Media yang digunakan Media elektronik (MNCTV,TVRI, BempasFM, DSS, AdityaFM), Media cetak dan Online (Tribrata News, Wartabuana). Kesimpulan penelitian menunjukan, strategi komunikasi yang dilakukan berjalan seperti yang direncanakan, tetapi hasil Penelitian yang didapat belum bisa meningkatkan Citra Positif Polisi dikarenakan Program yang berjalan belum sepenuhnya di jalankan diseluruh kecamatan atau desa yang ada di Kabupaten Subang karena Anggota Polisi Santri hanya berjumlah 25 orang. Saran yang diberikan penelitian ini, BINMAS Polres Subang harus bisa lebih meningkatkan program Polisi Santrinya di seluruh Kabupaten Subang karena peneliti masih melihat Program yang hanya berjalan tidak menyeluruh karena angota Polisi Santri tersebut masih sangat sedikit untuk bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Subang. Dan media media yang di gunakan harus lebih beragam lagi karena menurut peneliti masih banyak masyarakat Kabupaten Subang yang tidak tersentuh Media Sosial atau Internet.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Meningkatkan Citra Positif Polisi, Deskriptif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57590

Actions (login required)

View Item View Item