Sistem Informasi Pelayanan Sirkulasi Buku Di Perpustakaan SMK Negeri 6 Padang

Butsam, Pandu (2017) Sistem Informasi Pelayanan Sirkulasi Buku Di Perpustakaan SMK Negeri 6 Padang. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sistem informasi pelayanan sirkulasi buku adalah sistem yang dirancang utnuk mempermuda kegiatan di perpustakaan. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana langkah-langkah pembuatan Sistem Informasi Pelayanan Sirkulasi Buku yang tepat untuk SMK Negeri 6 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengolahan data peprustakaan yang sedang berjalan, membuat perancangan Sistem Informasi Pelayanan Sirkulasi Buku, agar mempermudah kegiagatan pengolahan data perpustakaan dengan menggunakan website. Penulis juga menganalisis sejauh mana sistem informasi pelayanan sirkulasi buku pada sekolah dapat membantu civitas perpustakaan dalam menjalankan aktivitas di perpustakaan SMK Negeri 6 Padang. Metodologi penelitian yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi pelayanan sirkulasi buku ini adalah metodologi prototipe. Untuk metode desain penelitian dengan menggunakan metode deskriftif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode literatur, observasi dan wawancara. Alat yang digunakan untuk menggambarkan model sistem adalah dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language) yaitu Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram dan Deployment Diagram. Hasil penelitian menunjukan bahwa perancangan sistem informasi pelayanan sirkulasi buku di perpustakaan SMK Negeri 6 Padang dapat membantu pihak petugas perpustakaan, maupun anggota perpustakaan, dan bagian yang terkait pada sistem informasi pelayanan sirkulasi buku dalam pengolahan seluruh data yang ada. Mengadakan pengujian terhadap sistem aplikasi dengan menggunakan metode Blackbox.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem, Informasi, Pelayanan Sirkulasi, Sistem Informasi Pelayanan Sirkulasi Buku, SMK Negeri 6 Padang.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57607

Actions (login required)

View Item View Item