Sistem Informasi Pelelangan Online Berbasis Web Pada PT. Balai Lelang

Tenrysau Ni, Irwin (2017) Sistem Informasi Pelelangan Online Berbasis Web Pada PT. Balai Lelang. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT.Balai Lelang Bandung adalah sebuah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang pelelangan di kota Bandung yang beralamat di Ruko Maple Kav. G, Jl. Gn. Batu No. 201, Sukaraja, Cicendo, Kota Bandung - Jawa Barat, menyediakan pelayanan berupa jasa pra-lelang, lelang, dan pasca lelang. Permasalahan yang ada saat ini pada PT.Balai Lelang Bandung adalah Perusahaan masih kesulitan dalam menyusun jadwal pelelangan karena jadwal lelang tersimpan didalam dokumen. Peserta lelang juga akan mengalami kesulitan dalam melihat jadwal-jadwal lelang yang dilaksanakan oleh PT.Balai Lelang Bandung, sehingga peserta lelang harus mencari informasi mengenai pelaksanaan lelang secara langsung kepada pihak perusahaan. Proses registrasi peserta lelang yang cukup berbelit-belit dan memakan banyak waktu dalam proses registrasi baik dari segi peserta lelang ataupun pelelang itu sendiri. Proses pelelangan sangat menyita waktu peserta lelang sendiri, dimana dalam melakukan pelelangan, peserta diwajibkan untuk hadir langsung ke tempat pelelangan sehingga banyak calon peserta lelang yang mengurungkan niatnya untuk mengikuti proses pelelangan. Proses konfirmasi pembayaran masih dilakukan melalui email kepada staff administrasi atau secara langsung perusahaan tidak memiliki sebuah sistem yang menyimpan semua data pembayaran dan data tersebut harus disusun kembali berdasarkan data peserta yang membayar, sehingga proses tersebut tidak efisien dalam segi waktu pengerjaannya.Metode penelitian yang digunakan adalah dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun metode pendekatan sistem yang digunakan adalah OOP (Object Oriented Programming) dengan menggunakan UML (Unified Modelling Language) sebagai alat bantu untuk merancang sistem yang akan dibuat dengan metode pengembangan sistem ini adalah prototype. Pembangunan sistem informasi pelelangan ini menggunakan PHP sebagai Bahasa pemrograman dan XAMPP sebagai database.Dengan adanya sistem informasi berbasis website di harapkan dapat mempermudah proses pelayanan lelang dan pengolahan data pada perusahaan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Pelelangan Online, UML (Unified Modelling Language), OOP (Object Oriented Programming), Prototype
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57636

Actions (login required)

View Item View Item