Sistem Informasi Pemasaran Produk Industri Kecil Menengah Berbasis Web Di Dinas Perdagangan Dan perindustrian Kabupaten Bandung

Topan, Aldi (2017) Sistem Informasi Pemasaran Produk Industri Kecil Menengah Berbasis Web Di Dinas Perdagangan Dan perindustrian Kabupaten Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Industri Kecil dan Menengah (IKM) memegang peranan penting dan strategis di lingkungan domestik, regional maupun internasional. IKM mempunyai potensi yang besar dalam menggerakan kegiatan ekonomi masyarakat sehingga perlu diberdayakan dan dikembangkan agar mampu memberi kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan Daerah. Namun banyak hal yang membuat IKM sulit untuk berkembang, diantaranya masalah proses pemasaran produk yang dapat menyebabkan tidak terkelolanya data anggota IKM dan jenis produk IKM yang ada selama ini. Desain penelitian yang penulis gunakan ialah penelitian deskriptif yang memiliki pernyataan yang jelas mengenai masalah yang akan diteliti. serta teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi sumber data primer yaitu dengan cara observasi langsung ke tempat dan wawancara dengan Petugas dinas. Dengan metode pendekatan terstruktur, pendekatan pengembangan sistem yang dilengkapi dengan alat-alat (flowmap, diagram konteks, DFD, kamus data, ERD, tabel relasi) dan metode pengembangan prototype yang membuat bentuk awal dari sistem yang akan di buat dan terus uji dan dikembangkan sampai sampai didapat sistem yang lengkap disebut dengan proses iteratif (iterative process) dari pengembangan sistem. Sedangkan pembuatan perangkat lunak menggunakan bahasa php dan database menggunakan MySQL Maka dari itu dibuat suatu sistem informasi pengelolaan IKM pada disperin yang menyelesaikan permasalahan di atas. implementasikan sistem informasi meliputi implementasi perangkat lunak, perangkat keras, basis data serta antarmuka dari aplikasi yang dihasilkan. Tahapan akhir adalah pengujian terhadap aplikasi dengan menggunakan metode blackbox.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, ikm, pemasaran
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57651

Actions (login required)

View Item View Item