Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirasuahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Batik Pa Oman Indramayu

Indra Kurniawan, Irvan (2017) Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirasuahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Batik Pa Oman Indramayu.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dengan semakin ketatnya persaingan dibidang bisnis, maka pelaku usaha dituntut untuk melakukan berbagai cara untuk dapat meningkatkan keungulan bersaing perusahaanya agar dapat memenuhi kebutuhan pasar sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lainnya. Minimnya pengetahuan pelaku usaha terhadap kebutuhan pelanggan, serta kurangnya keberanian dalam mengambil risiko berdampak pada keunggulan bersaing perusahaan. Beberapa pelaku usaha hanya meproduksi produk yang secara turun-temurun diproduksi pelaku usaha sebelumnya tanpa adanya inovasi terhadap produk tersebut dikarenakan tidak ingin mengubah identitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden tentang Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, dan Keunggulan Bersaing pada Sentra Batik Paoman Indramayu, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing baik secara simultan maupun parsial pada Sentra Batik Paoman Indramayu.Penelitian ini menggunakan metode uji deskriptif dan verifikatif dimana sampel yang digunakan sebanyak 24 responden kepada pelaku usaha Sentra Batik Paoman Indramayu seluruh jumlah populasi maka karena itu sampel ini disebut sampling jenuh atau sensus. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linier berganda. Sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik, diantaranya uji normalitas, uji multikolineritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukan responden sudah melakukan Orientasi Pasar yang cukup baik dan Orientasi Kewirausahaan yang cukup baik pula serta tanggapan responden merasa cukup dalam Keungulan Bersaing antar pelaku usaha. Sedangkan Analisis secara verifikatif menunjukan bahwa Orientasi Pasar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, Orientasi Kewirausahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing serta Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57658

Actions (login required)

View Item View Item