Kecerdasan Emosional Dan Konflik Peran Ganda Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Pada Pendidik (studi Pada SMK Negeri 3 Bandung)

Fuzhita, Bella (2017) Kecerdasan Emosional Dan Konflik Peran Ganda Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Pada Pendidik (studi Pada SMK Negeri 3 Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidik memiliki posisi yang sangat menentukan proses keberhasilan proses pembelajaran. Di tangan para pendidiklah kemungkinan berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan belajar mengajar disekolah. Kepuasan kerja pendidik ditunjukkan oleh sikapnya dalam bekerja atau mengajar. Salah satu factor penting yang sangat berpengaruh dalam mencapai kepuasan kerja adalah emosi. Sehingga kecerdasan emosional seorang pendidik memainkan peranan penting dalam meningkatkan perfomanya dalam mengajar dan berinteraksi dengan segenap komponen sekolah. Konflik peran ganda terjadi pergolakan emosi, karena di saat salah satu peran menghambat peran lainnya akan mengakibatkan permasalahan waktu, energi serta emosi mereka. Metode penarikan sample yang digunakan adalah probability sampling yang terdiri dari 94 responden. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif yang terdiri dari analisis jalur (path). Analisis korelasi product moment, dan koefisien determinasi yang digunakan untuk mengukur besarnya pengaruh kecerdasan emosional dan konflik peran ganda terhadap kepuasan kerja. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan konflik peran ganda berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Kecerdasan emosional dipengaruhi dominan oleh mengelola emosi, dan konflik peran ganda dipengaruhi dominan oleh kurangnya kebersamaan keluarga, sedangkan kepuasan kerja dipengaruhi oleh kepuasan terhadap besarnya gaji. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional lebih berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dibandingkan konflik peran ganda terhadap kepuasan kerja pada SMK Negeri 3 Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, Konflik Peran Ganda dan Kepuasan kerja
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57660

Actions (login required)

View Item View Item