Pengaruh Rasio Profitabilitas Dab Struktur Modal Terhadap Devidend Payout Ratio Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2011-2015

Desta Septiano, Danu (2017) Pengaruh Rasio Profitabilitas Dab Struktur Modal Terhadap Devidend Payout Ratio Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2011-2015. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba semaksimal mungkin. Sebagian kecil laba perusahaan akan di bagikan kepada pemegang saham berupa dividen. Kebijakan dividen adalah kebijakan untuk membagi keuntungan kepada pemegang saham yang akan dibagikan dalam bentuk dividen dan besarnya laba ditahan untuk kebutuhan perkembangan usaha. Kebijakan dividen merupakan keputusan yang ditetapkan oleh perusahaan terutama untuk menentukan besarnya laba yang dibagikan dalam bentuk dividen. Kebijakan dividen mempunyai arti penting bagi perusahaan. Hal ini dikarenakan, kebijakan keuangan ini berpengaruh pada sikap atau reaksi investor yang berarti pemotongan dividen dapat dipandang negatif oleh para investor. Ada banyak faktor yang mempengaruhi dividend payout ratio, beberapa diantaranya yaitu profitabilitas dan struktur modal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan struktur modal terhadap dividend payout ratio secara simultan dan parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahun 2011-2015 dari seluruh perusahaan sektor LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu sebanyak 45 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini 7 perusahaan dari perusahaan sektor LQ45. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis dan juga menggunakan program aplikasi SPSS 21 for windows sebagai alat bantu analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Secara parsial profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap dividend payout ratio. (2) Secara parsial struktur modal berpengaruh negatif signitikan terhadap dividend payout ratio. (3) secara simultan profitabilitas dan struktur modal berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return on Asset, Debt to Equity Ratio, Devidend Payout Ratio.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57668

Actions (login required)

View Item View Item