Pengaruh Pembiayaan Bermasalah Dan Efisiensi Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Syariah (Studi Kasus Enam Perushaan perbankan Syariah Tahun 2011-2015)

Bella Pratiwi, Putry (2017) Pengaruh Pembiayaan Bermasalah Dan Efisiensi Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Syariah (Studi Kasus Enam Perushaan perbankan Syariah Tahun 2011-2015). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Agar perusahaan perbankan syariah tetap berdiri adalah dengan menjaga profitabilitas pada tingkat pengembalian aset, salah satunya adalah dengan upaya menurunkan tingkat pembiayaan bermasalah dan tetap menjaga efisiensi operasionalnya. Peningkatan pembiayaan bermasalah dapat terjadi karena kurangnya pengawasan aktivitas internal perbankan selain itu juga dampak perekonomian dalam negeri yang buruk juga dapat menyebabkan meningkatnya resiko pembiayaan. Efisiensi yang baik terjadi apabila pendapatan operasional perbankan syariah lebih baik dibandingkan beban operasional yang dikeluarkan, hal ini dapat meningkatkan tingkat pengembalian aset. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Rasio NPF dan Rasio BOPO terhadap Rasio Profitabilitas secara simultan dan parsial pada perusahaan perbankan syariah di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Objek penelitian ini adalah Rasio NPF, Rasio BOPO dan Profitabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahun 2011-2015 dari seluruh perusahaan perbankan syariah di Indonesia terdaftar di Otoritas Jasa keuangan sebanyak 19 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 6 perusahaan dari perusahaan bank umum syariah dengan keseluruhan data yaitu 19 data. Teknik pengujian statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan program aplikasi SPSS 21.0 for windows sebagai alat bantu analisis. Hasil penelitian menunjukkan pembiayaan bermasalah dan efisiensi meningkat tiap tahunnya. Selanjutnya hasil analisis statistik bahwa secara parsial kedua rasio pembiayaan bermasalah dan rasio efisiensi berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat pengembalian aset . Secara simultan rasio pembiayaan bermasalah dan rasio efisiensi berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengembalian aset.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Bermasalah, Rasio Efisiensi, Profitabilitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57672

Actions (login required)

View Item View Item