Pengaruh Periklanan Internet Dan Electronic Word-Of-Mouth (E-Wom) Terhadap Pembelian Tidak Terencana Secara Online Pada Situs Toko Online Di Hijup.com

Prasetio Karyadi Syah Putra, Eko (2017) Pengaruh Periklanan Internet Dan Electronic Word-Of-Mouth (E-Wom) Terhadap Pembelian Tidak Terencana Secara Online Pada Situs Toko Online Di Hijup.com.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Internet di dunia mengalami perkembangan yang pesat dari tahun ke tahun. Belakangan ini, muncul fenomena electronic commerce (e-commerce) atau perdagangan online. Hijup.com memanfaatkan internet sebagai media beriklan dikarenakan biaya yang murah serta penyebaran informasi yang cepat. Akan tetapi, konten yang menarik dalam beriklan di internet akan menarik perhatian pengguna untuk mengunjungi dan merekomendasikan kepada pengguna internet lainnya tanpa mengenal satu sama lain. Pembelian impulsif di internet muncul ketika adanya stimulus berupa promosi dan mudahnya berbelanja online tanpa harus keluar rumah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tanggapan responden periklanan internet, electronic word-of-mouth (e-WOM) dan pembelian tidak terencana secara online pada situs toko online Hijup.com dan juga untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Periklanan Internet dan electronic word-of-mouth (e-WOM) terhadap pembelian tidak terencana secara online secara simultan dan parsial pada situs toko online Hijup.com.Penelitian ini menggunakan metode uji deskriptif (kualitatif) dan uji verifikatif (kuantitatif) dengan menggunakan analisis jalur. Jumlah populasi konsumen yang pernah berbelanja di Hijup.com tidak diketahui maka sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden yang di dapat melalui rumus Wibisono.Hasil dari penelitian ini berdasarkan jawaban dari responden menunjukkan bahwa Hijup.com telah melakukan periklanan internet dan electronic word-of-mouth (eWOM) yang cukup baik serta responden mengaku cukup impulsif ketika melakukan pembelian di Hijup.com. Berdasarkan pengujian hipotesis, periklanan internet dan electronic word-of-mouth (e-WOM) berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian tidak terencana secara online secara simultan akan tetapi memiliki pengaruh yang berbeda satu sama lain. Secara parsial, periklanan internet memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembelian tidak terencana secara online dan electronic word-of-mouth (e-WOM) yang juga berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian tidak terencana secara online. Sedangkan korelasi antara periklanan internet dengan electronic word-of-mouth (e-WOM) dikatategorikan cukup kuat dan terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: periklanan internet, electronic word-of-mouth (e-WOM), pembelian tidak terencana secara online
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57688

Actions (login required)

View Item View Item