pengaruh Inovasi Produk Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Sentra Industri Gurilem Cililin Kab Bandung Barat)

Afrilia, Diana (2017) pengaruh Inovasi Produk Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Sentra Industri Gurilem Cililin Kab Bandung Barat). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Munculnya persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang tidak dapat dihindari, khususnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menciptakan suatu persaingan yang semakin ketat yang mengharuskan setiap pelaku usaha bisnis harus mampu memikirkan hal apa saja yang harus mereka lakukan agar usaha yang mereka jalankan mempunyai keunggulan bersaing. Bermunculan pelaku usaha yang terus berinovasi dan produk yang mengikuti perkembangan zaman yang menjadi kompetitor bagi UMKM, dikarenakan produk umkm hanya tersedia di daerah tertentu. (sumber: Bagian Pengembangan UMKM Disperindag Kab. Bandung Barat). Melihat kondisi ini sebuah perusahaan harus dapat mempertahankan perusahaannya agar dapat bersaing terhadap perusahaan. Namun inovasi produk yang kurang diperhatikan oleh perusahaan menjadi salah satu alasan bagi perusahaan agar bisa bertahan di pasar. Dapat dikatakan secara tidak langsung inovasi produk tersebut di tingkatkan oleh banyak faktor diantaranya adalah pembuatan produk yang baru. Metode penarikan sample yang digunakan adalah sampling jenuh yang terdiri dari 29 responden pelaku usaha. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif yang terdiri dari analisis regresi linier berganda. Analisis korelasi product moment, dan koefisien determinasi yang digunakan untuk mengukur besarnya pengaruh inovasi produk dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan keunggulan bersaing melalui inovasi produk secara parsial lebih bisa meningkat dibandingkan secara simultan. Peningkatan keunggullan bersaing juga dipengaruhi oleh orientasi kewirausaahan. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa Orientasi kewirausahaan lebih meningkat signifikan terhadap keunggulan bersaing dibandingkan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada Sentra Industri kerupuk Gurilem Cililin Kab. Bandung Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Produk, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57699

Actions (login required)

View Item View Item