Kinerja Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Menanggulangi Bencana Banjir Di Desa Dawuan kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang

Hamdani, Acep (2017) Kinerja Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Menanggulangi Bencana Banjir Di Desa Dawuan kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pelaksanaan penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab dan wewenang BPBD Kabupaten Karawang yang dilaksanakan secara terencana, terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh. Pelaksanaan penanggulangan bencana dilaksanakan di Desa Dawuan Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang dengan memperhatikan hak masyarakat antara lain mendapatkan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar, mendapatkan perlindungan sosial, mendapatkan pendidikan dan keterampilan dalam penyelenggaraan kegiatan penanggulangan bencana. Studi mengenai kinerja ini mengacu pada teori kinerja Pemerintah Daerah menurut Mashun dimana terdapat 6 jenis indikator kinerja yaitu : Input, Process, Output, Outcome, Benefit, Impact. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif yaitu menggambarkan dan menganalisa data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data berdasarkan keadaan yang nyata. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi pustaka, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan, pertama adalah purposive yaitu aparatur BPBD dan masyarakat Desa Dawuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja BPBD Kabupaten Karawang menanggulangi bencana banjir belum berjalan dengan baik, masih terdapat permasalahan yang terjadi, dari segi sarana dan prasarana yaitu peralatan yang ada belum memadai, aparatur yang ada masih belum mencukupi, aparatur kurang profesional dalam bekerja, aparatur belum memberikan kinerja yang cepat, bantuan yang diberikan oleh BPBD Kabupaten Karawang masih terkendala dana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: :Kinerja, Penanggulangan, Bencana.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57759

Actions (login required)

View Item View Item