Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah kebersihan Kota Bandung Melalui Program Sampah Resik

Alini Aswad, Hizra (2017) Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah kebersihan Kota Bandung Melalui Program Sampah Resik.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Program Bank Sampah Resik merupakan program yang didirikan oleh Perusahaan Daerah Kota Bandung sebagai bentuk upaya mengurangi volume jumlah sampah di tempat pembuangan akhir berkurang dan sampah yang ada di masyarakat Kota Bandung . Namun pada perjalanannya permasalahan ketika jumlah nasabah meningkat setiap perbulanya pada Program Bank Sampah Resik mengakibatkan tidak keseimbangan antara kendaraan operasional penjemputan sampah . Masalah lain seperti fasilitas mesin pencacacah yang sering mengalami kerusakan , kurang nya jumblah karyawan gudang pemilahan, tidak adanya meja teller serta dan prin buku tabungan menjadi kekurangan faktor penunjang bank sampah resik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kualitas pelayanan dari Zeithaml.Parasuraman dan Berry yang di dalam nya terdapat 5 indikator kualitas Pelayanan (SERVIQUAL) yaitu Tangibles (Bukti Fisik), Reliabity (kehandalan), responsiveness (Daya Tanggap) , Assurance (Jaminan dan Kepastian) dan Emphaty (perhatian). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui studi pustaka, observasi , dokumentasi dan wawancara . Teknik penentuan informan yang di gunakan peneliti adalah purpossive untuk Aparatur dan accidental untuk Masyarakat. Hasil Penelitian menyatakan bahwa kualitas pelayanan Perusahaan Daerah Kebersihan melalui Bank Sampah Resik belum berjalan dengan baik, masih terdapat permasalahan yang terjadi, dari segi bukti langsung yaitu sarana dan prasarana yang ada belum memadai, Kehandalan masih kurang dilihat dari kecepatan dan ketepatan proses pelayan masih cenderung lama , Ketanggapan yaitu aparatur belum memberikan pelayanan sudah baik, jaminan yaitu kemampuan aparatur, empati yaitu komunkasi aparatur dengan masyarakat atau aparatur dengan nasabah sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Program Bank Sampah Resik
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57764

Actions (login required)

View Item View Item