Kinerja Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung

Ramdhan, Cikal (2017) Kinerja Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Menjamurnya restoran-restoran di Kota Bandung dengan keanekaragaman jenis dan keunikan-keunikan yang ditawarkan merupakan suatu fenomena positif yang dapat meningkatkan presentase pemasukan pajak daerah di Kota Bandung melalui sektor pajak restoran. Pemerintah Kota Bandung melalui Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD), mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian urusan Pemerintahan Daerah di bidang Pajak Daerah. Namun, kinerja BPPD Kota Bandung dalam menegakan disiplin pajak rupanya masih mengalami berbagai kendala. Penelitian ini mengacu pada teori kinerja menurut Agus Dwiyanto, dimana faktor keberhasilan suatu kinerja dapat ditentukan oleh produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, dan studi lapangan yakni observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan untuk aparatur BPPD Kota Bandung dan para pengusaha/ pengelola restoran menggunakan purposive. Uji keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan kinerja BPPD pada pajak restoran sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari capaian target pada pajak restoran dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, yang selalu berhasil melebihi target yang ditentukan. Meskipun demikian, masih ada beberapa permasalahan mendasar yang dihadapi oleh aparatur BPPD dalam menjalankan kinerjanya. Permasalahan tersebut diantaranya, kesadaran para pemilik atau pengelola restoran dalam membayar pajak, peraturan yang belum terperinci pada pajak restoran dan keterbatasan jumlah aparatur pada Sub Bidang Pajak Hotel dan Pajak Restoran yang menyebabkan proses pelayanan, kontroling dan penindakan di lapangan menjadi terhambat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pajak Daerah, Pajak Restoran
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57767

Actions (login required)

View Item View Item