Implementasi kebijakan Pengelolaan Keuangan Desa Di Kabupaten Bandung Barat (Studi Tentang kebijakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES)

Hafiyyan, Fulki (2017) Implementasi kebijakan Pengelolaan Keuangan Desa Di Kabupaten Bandung Barat (Studi Tentang kebijakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kebijakan aplikasi SisKeuDes merupakan sebuah inovasi mengenai pengelolaan keuangan desa yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat. Tujuan diimplementasikan kebijakan aplikasi SisKeuDes yaitu untuk mempermudah pengelolaan keuangan desa di Kabupaten Bandung Barat. Namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa permasalahan yang menghambat seperti sumber daya manusia yang masih terbatas baik di DPMD dan seluruh desa di Kabupaten Bandung Barat serta tidak ada SOP khusus secara tertulis mengenai kebijakan tersebut. Teori yang digunakan yaitu teori implementasi kebijakan dari George C. Edwards III dimana, keberhasilan pelaksanaan kebijakan dipengaruhi oleh faktor komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kulitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan meliputi studi pustaka, studi lapangan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang peneliti ambil berjumlah 8 orang sebagai perwakilan desa yang ada di Kabupaten Bandung Barat dan 1 orang dari aparatur Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bandung Barat dengan menggunakan teknik purposive. Uji keabsahan data yang digunakan peneliti menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan aplikasi SisKeuDes belum berjalan optimal. Dilihat dari komunikasi sudah berjalan karena DPMD Kabupaten Bandung Barat sudah konsisten dalam menyampaikan informasi. Dilihat dari Sumber Daya sudah berjalan namun masih ada permasalahan yaitu terbatasnya jumlah aparatur. Dilihat dari disposisi sudah berjalan karena tingkat kepatuhan aparatur tinggi, dan pengangkatan aparatur sudah sesuai prosedur. Dilihat dari Struktur Birokrasi sudah berjalan namun masih ada permasalahan yaitu belum ada SOP tertulis yang mengatur kebijakan tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Keuangan Desa, SisKeuDes
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57768

Actions (login required)

View Item View Item