Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Program Standar Nasional Indonesia (SNI) Sentr Boneka Dalam Menghadapi Persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Di Kota Bandung

Ricardo, David (2017) Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Program Standar Nasional Indonesia (SNI) Sentr Boneka Dalam Menghadapi Persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Di Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung yang menerapkan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Program Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk UMKM Sentra Boneka Sukamulya dalam menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dalam Pemberdayaan UMKM Melalui Program Standar Nasional Indonesia (SNI) oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung untuk UMKM Sentra Boneka Sukamulya adalah belum adanya dukungan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung berupa bantuan modal untuk UMKM sentra Boneka Sukamulya untuk mengikuti Program Standar Nasional Indonesia (SNI) dimana biaya persyaratan harus membayar lima juta perenambulan. Studi mengenai Pemberdayaan Masyarakat ini mengacu pada teori Pemberdayaan Masyarakat menurut Edi Suharto 5 dimensi Pemberdayaan Masyrakat yaitu : Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan, Pemeliharaan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif yaitu menggambarkan dan menganalisa data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data berdasarkan keadaan yang nyata. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi pustaka, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan, adalah purposive pertama yaitu Aparatur Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung dan yang kedua UMKM Sentra Boneka Sukamulya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas Pemberdayaan UMKM Program Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk UMKM Sentra Boneka Sukamulya dalam menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) belum berjalan dengan baik, masih terdapat permasalahan yang terjadi, dari segi Pemungkinan yaitu dinas tidak ada regulasi bantuan modal, Penguatan yaitu dinas hanya memberikan sosialisasi untuk mengikuti program, Perlindungan yaitu dinas hanya memberikan perlindungan produk jika telah mengikuti program, Penyokongan yaitu belum adanya dukungan modal dari dinas, Pemeliharaan yaitu komunikasi aparatur dan Pengrajin boneka kurang berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM), Program Standar Nasional Indonesia (SNI), Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57770

Actions (login required)

View Item View Item