Kualitas Pelayanan Prima Aparatur Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi Pada Pelayanan Adminstrasi Terpadu kecamatan (Paten)

Dwi Prasetya, Chandra (2017) Kualitas Pelayanan Prima Aparatur Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi Pada Pelayanan Adminstrasi Terpadu kecamatan (Paten). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi sebagai instansi pemerintah daerah yang berwenang sebagai pelaksana pelayanan administrasi terpadu Kecamatan (Paten). Dalam memberikan pelayanan aparatur Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi mendapatkan keluhan dari masyarakat yaitu pelayanan aparatur Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi terdapat kurangnya pegawai, dimana pegawai yang bertugas dalam memasukkan data Pelayanan (Paten) kedalam komputer untuk proses lebih lanjutnya hanya berjumlah dua orang serta tidak adanya ketepatan waktu atas pelayanan yang dijanjikan oleh aparatur Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Studi mengenai kualitas pelayanan ini mengacu pada teori kualitas pelayanan prima menurut Sinambela, dimana terdapat enam dimensi kualitas pelayanan prima yaitu: Transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, dan keseimbangan hak dan kewajiban. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif yaitu menggambarkan dan menganalisa data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data berdasarkan keadaan yang nyata. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi pustaka, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan, pertama adalah purposive yaitu aparatur Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi dan yang kedua adalah accidental yaitu masyarakat Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (Paten) Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi belum berjalan dengan baik, masih terdapat permasalahan yang terjadi, dari segi transparansi yaitu keterbukaan komunikasi aparatur kepada masyarakat belum berjalan dengan baik, akuntabilitas yaitu kinerja pelayanan aparatur dalam melayani masyarakat belum sesuai dengan ,kondisional yaitu kurangnya Pegawai Negeri Sipil pada pelayanan menyebabkan pelayanan menjadi tidak efektif, partisipatif yaitu partisipasi masyarakat masih rendah untuk melakukan pelayanan, Kesamaan hak yaitu masih adanya sifat arogan aparatur dalam melayani masyarakat. Keseimbangan hak dan kewajiban aparatur sudah sesuai dengan hak masyarakat sebagai penerima peayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, Prima Administrasi Terpadu Kecamatan, (Paten).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57772

Actions (login required)

View Item View Item