Kualitas Pelayanan Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Provinsi Jawa Barat (Studi Pada Samsat Drive Thru Cabang Wilayah III Soekarno Hatta)

Dandan Mustopa, Asep (2017) Kualitas Pelayanan Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Provinsi Jawa Barat (Studi Pada Samsat Drive Thru Cabang Wilayah III Soekarno Hatta). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat sebagai instansi pemerintah daerah yang salah satu tugasnya melakukan pungutan pajak kendaraan bermotor. Terdapat pelayanan Samsat Drive Thru di Cabang Wilayah III Soekarno Hatta Kota Bandung. Samsat Drive Thru untuk mempermudah pembayaran pajak. Berkaitan dengan masalah yang timbul yaitu pelayanan di Samsat Drive Thru masih dijumpai antrian panjang, waktu yang lama dalam proses pembayaran pajak kendaraan Teori yang digunakan penelitian ini adalah Zeithaml, Parasuraman dan Berry. Menurut terdapat lima dimensi dalam kuaitas pelayanan yaitu: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data. Studi pustaka, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan, pertama adalah purposive yaitu pihak Aparatur Bapenda, Dirlantas Polda Jawa Barat pada sub bagian pajak kendaraan bermotor. Kedua accidental yaitu masyarakat yang menggunakan Samsat Drive Thru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Bapenda Provinsi Jawa Barat pada Samsat Drive Thru Cabang Wilayah III Soekarno Hatta. Pelayanan dilihat dari lima dimensi: pertama Tangible yang meliputi fasilitas fisik, peralatan dan sarana komunikasi. Kedua Realiability yang meliputi kepercayaan, kesigapan dan keakuratan pelayanan. Ketiga Ressvonsivines yang meliputi kesedian membantu, kecepatan pelayanan. Keempat Assurance yang meliputi pengetahuan dan kemampuan. Kelima Emphaty yang meliputi keramahan serta komunikasi aparatur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pajak Kendaraan, Samsat Drive Thru
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57774

Actions (login required)

View Item View Item