Pemberdayaan Program Pendampingan Usaha Sentra Industri Rajutan Binong Jati Oleh Dinas Koperasi UMKM Dan Dinas Perindustrian Perdagangan Di Kota Bandung (Studi Pada Peningkatan produksi Rajutan Dalam Pelaksanaan Masyarakat Indonesia ASEAN (MEA)

Nugraha Sutopo, Anton (2017) Pemberdayaan Program Pendampingan Usaha Sentra Industri Rajutan Binong Jati Oleh Dinas Koperasi UMKM Dan Dinas Perindustrian Perdagangan Di Kota Bandung (Studi Pada Peningkatan produksi Rajutan Dalam Pelaksanaan Masyarakat Indonesia ASEAN (MEA). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kota Bandung yang dikenal sebagai kota fashion, memang memiliki potensi yang cukup besar untuk mengembangkan industri pakaian. Salah satunya adalah Pakaian rajutan yang diproduksi para pengrajin Sentra Industri Rajutan Binong Jati Bandung. Sentra industri rajut Binong Jati merupakan salah satu industri kecil rumahan (home industry) yang potensial dan dapat memberikan kontribusi pada perekonomian Kota Bandung. Salah satu yang menjadi menarik peneliti dalam penulisan penelitian ini dikarenakan para pengrajin rajutan tersebut kesejahteraan masyarakatya tidak sejahtera dan para pengerajin tersebut belum paham nya dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tersebut. Studi mengenai pemberdayaan masyarakat ini mengacu pada teori pemberdayaan masyarakat menurut Edi Suharto dimana, keberhasilan pemberdayaan masyarakat dapat dilihat berdasarkan pada pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Untuk melihat keberhasilan dalam pelaksaaan memberdayakan masyarakat pengrajin rajutan menjadi sejahtera dan paham dengan adanya MEA tersebut. Metode Penelitian yang peneliti pakai adalah metode deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menganalisis data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data berdasarkan keadaan yang nyata. Peneliti dimaksudkan untuk memberi gambaran tentang pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Dinas Koperasi UKM dan Dinas Perindustrian Perdagangan Kota Bandug kepada Sentra Industri Rajutan Binong Jati. Hasil Peneliti menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat masih redahnya kesejehateraan pengrajin, kurangnya sosialisasi tentang dengan adanya MEA tersebut sehingga membuat pengetahuannya kurang, dan program yang dilakukan pemerintah belum berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57776

Actions (login required)

View Item View Item