Pembangunan Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan GPS Tracking Dan Kunci Kontak Pintar Berbasis Mikrokontroler Arduino

Aditya Suryana, Rizky (2017) Pembangunan Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan GPS Tracking Dan Kunci Kontak Pintar Berbasis Mikrokontroler Arduino. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sistem keamanan merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengamankan sumber daya agar tidak digunakan oleh orang yang tidak berwenang. Sistem keamanan sepeda motor dikategorikan dalam dua jenis, yaitu sistem keamanan yang bersifat pasif seperti gembok dan aktif seperti alarm. Kasus pencurian kendaraan bermotor masih seringkali terjadi, hal ini disebabkan, seperti kurangnya pengawasan pemilik kendaraan ataupun kelihaian pencuri dalam melumpuhkan kendaraan bermotor. Badan Pusat Statistik Indonesia dalam laporan Statistik Kriminal 2016 mencatat, pencurian kendaraan bermotor pada tahun 2015 mencapai 38.389. Pada saat ini pabrikan sepeda motor sudah membuat sistem keamanan seperti keyles, namun sistem keamanan tersebut masih memiliki keterbatasan, seperti jarak dan objek yang menghalangi dapat membuat sistem tidak berjalan ataupun suara yang dihasilkan tidak sampai kepada pemilik sepeda motor dan belum adanya sistem untuk memonitoring posisi sepeda motor. Dengan menggunakan General Pocket Radio Service dan Global System for Mobile Communication kunci kontak dapat dikontrol melalui jaringan internet, sehingga tidak ada batasan jarak dalam mengontrol kunci kontak dan dapat digunakan sebagai peringatan dini secara langsung kepada pemilik sepeda motor dengan menggunakan panggilan telepon. Dengan menggunakan Global Positioning System dapat menentukan posisi sepeda motor dan mengirimkaan data tersebut ke pemilik sepeda motor. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, sistem keamanan sepeda motor yang telah dibuat dapat memudahkan pemilik sepeda motor untuk memonitoring lokasi sepeda motor dan mengontrol kunci kontak melaui jaringan internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keamanan, GPS, Kontak, GSM, Arduino.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57777

Actions (login required)

View Item View Item