Sistem Managemen Rantai Pasok Di CV. Bakrin Jaya

Radiansyah, Ryan (2017) Sistem Managemen Rantai Pasok Di CV. Bakrin Jaya. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Bakrin Jaya adalah perusahaan bergerak di bidang produksi pakaian jadi yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. CV. Bakrin Jaya memproduksi T-Shirt atau kaos, polo shirt, kemeja putih dan jas hujan/ponco. Saat ini penjualan produk dari konsumen setiap bulannya diketahui tidak menentu, hal ini mengakibatkan bagian produksi mengalami kesulitan dalam memperkirakan jumlah seluruh bahan baku yang akan digunakan. Jumlah produk yang akan dikirim sering mengalami ketidak sesuaian dengan jumlah pembelian konsumen karena stock produk yang tersedia di gudang sering mengalami kekurangan atau bahkan kekosongan. Hal tersebut yang mengakibatkan durasi pengiriman yang dibutuhkan lebih lama dibandingkan dengan waktu yang telah diestimasikan sebelumnya. Waktu pengeriman juga dilakukan berdasarkan waktu pemesanan dan jarak terdekat. Tujuannya adalah untuk memudahkan manager produksi dalam menentukan jumlah bahan baku yang akan dipesan terhadap supplier untuk memenuhi kebutuhan proses produksi. Dan mempermudah manager gudang dalam melakukan proses pendistribusian dengan adanya penjadwalan pengiriman, distribusi jumlah produk yang tepat dan proses penentuan jarak terdekat. Strategi supply Chain yang digunakan adalah push supply Chain, karena didasarkan pada kesesuaian dari rantai pasok yang terjadi di perusahaan saat ini yaitu menggunakan strategi make-to-stock. Sistem rantai pasok ini dibangun dari bagian hulu (upstream) sampai bagian hilir (downstream). Metode peramalan kebutuhan bahan baku yang digunakan adalah single exponenstial smoothing. Perhitungan prediksi ketersedian bahan baku di gudang menggunakan metode pengamanan persediaan (Minimal Stock). Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem ini telah membantu kepala produksi dalam menentukan jumlah kebutuhan bahan baku yang harus dipesan ke supplier utnuk memenuhi kebutuhan proses produksi dan mempermudah kepala gudang dalam hal merencanakan jumlah produk jadi dan waktu pendistribusian produk jadi ke konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Supply Chain Management, single exponential smoothing, Minimal Stock, push supply chain, make-to-stock
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57781

Actions (login required)

View Item View Item