Rancang Bangun Sistem Pengairan Dan Pemantauan Untuk Produksi Taoge Berbasis Internet Of Things (Studi Kasus Blok Taoge Kota Cimahi)

Iwan, Acep (2017) Rancang Bangun Sistem Pengairan Dan Pemantauan Untuk Produksi Taoge Berbasis Internet Of Things (Studi Kasus Blok Taoge Kota Cimahi).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Blok Taoge adalah kawasan yang rata-rata masyarakatnya membudidayakan kecambah taoge, dalam kawasan ini masyarakatnya memiliki tempat sendiri untuk memproduksi touge dan menjadi pemasukan utama masyarakatnya. Dengan banyaknya masyarakat yang memproduksi touge, kawasan telah memenuhi kebutuhan masyarakat dan kebutuhan pasar. Berdasarkan hasil wawancara dengan ibu Cucu selaku petani taoge, terjadi masalah pada penyiraman taoge. Untuk saat ini petani taoge masih mengunakan cara manual untuk melakukan penyiraman sehingga menyebabkan memakan waktu dalam proses penyiraman taoge. Hal tersebut menimbulkan masalah baru yaitu tidak ratanya hasil penyiraman karena penyiraman yang masih dilakukan secara manual. Kemudian masalah selanjutnya yaitu petani tidak bisa pergi keluar kota karena waktu penyiraman yang berdekatan. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa petani taoge membutuhkan suatu sistem yang dapat penyiraman sekaligus, meratakan penyiraman dan memantau produksinya dari jarak jauh. Rancang Bangun Sistem Pengairan dan Pemantauan Produksi Taoge Berbasis Internet of Things (IoT) adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyiram taoge sekaligus meratakan hasil siramannya serta untuk memantau dan mengontrol penyiraman dari jarak jauh, alat ini dapat membantu petani taoge untuk penyiraman sekaligus meratakan penyiraman secara otomatis sehingga dapat meringankan petani taoge.Bedasarkan pengujian black box terhadap alat, dapat disimpulkan bahwa Rancang Bangun Sistem Pengairan dan Pemantauan Produksi Taoge Berbasis Internet of Things (IoT) dapat membantu petani taoge dalam proses penyiraman dan pemerataan penyiraman secara otomatis serta membantu petani dalam memantau dari jarak jauh.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pemantauan, Internet of Things,Penyiraman Taoge Otomatis, Pemerataan penyiraman Taoge,Sistem Pengairan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57783

Actions (login required)

View Item View Item