Sistem Distribusi Perlengkapan Layanan Kesehatan Dengan Pendekatan Supply Chain Management Pada CV. Insan Mutiara

Sulastri, Puji (2017) Sistem Distribusi Perlengkapan Layanan Kesehatan Dengan Pendekatan Supply Chain Management Pada CV. Insan Mutiara.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV.Insan Mutiara merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis perlengkapan layanan kesehatan untuk kebutuhan rumah sakit dan laboratorium khususnya peralatan-peralatan radiologi. CV.Insan Mutiara juga menyediakan jasa penyewaan alat medis dengan istilah KSO (Kerjasama Operasional), dimana KSO ini merupakan sebuah cara penyediaan alat medis tanpa harus membeli barang tersebut. CV.Insan Mutiara menggunakan strategi make to stock untuk melakukan pengadaan barang. Permasalahan yang sering terjadi pada CV.Insan Mutiara adalah Kepala Bagian Pengadaan melakukan pengadaan berdasarkan intuisi dan dilakukan dalam periode dua minggu sekali sehingga mengakibatkan kekurangan atau kelebihan persediaan stok di gudang serta Kepala Bagian Teknisi dan Transportasi dalam melakukan pengiriman barang untuk memenuhi pesanan barang pada pelanggan memungkinkan terjadinya kekeliruan dalam memperkirakan waktu dan jalur pengirimannya dan memungkinkan keterlambatan pengiriman barang. CV.Insan Mutiara membutuhkan sebuah sistem distribusi perlengkapan layanan kesehatan dengan pendekatan supply chain management. Metode yang digunakan untuk melakukan perencanaan pemesanan barang menggunakan single moving average. Metode yang digunakan dalam analisis monitoring persediaan barang yaitu safety stock, sedangkan untuk penjadwalan pengiriman barang menggunakan aturan bisnis yang ada pada perusahaan. Hasil pengujian terhadap sistem yang dibangun menggunakan blackbox, UAT (User Acceptance Testing) dan skenario penerimaan pengguna akhir dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu Kepala Bagian Pengadaan dalam menentukan jumlah barang yang akan dipesan kepada supplier berdasarkan stok yang ada di gudang, dan memudahkan Kepala Bagian Teknisi dan Transportasi dalam penyusunan jadwal pengiriman barang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengadaan, pengiriman, supply chain management, make to stock, single moving average, safety stock.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57785

Actions (login required)

View Item View Item