Aplikasi Multimedia Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Mata Pelajaran Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium Kimia (studi Kasus: SMK Negeri 1 Cikampek)

Pasca Dwitama, Gilang (2017) Aplikasi Multimedia Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Mata Pelajaran Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium Kimia (studi Kasus: SMK Negeri 1 Cikampek).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Teknik dasar pekerjaan laboratorium kimia (TDPLK) merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari siswa SMK jurusan analis kimia. TDPLK dipelajari saat berada di kelas X (sepuluh), materi TDPLK merupakan dasar dari jurusan analis kimia. Berdasakan hasil wawancara dengan ketua jurusan Analis kimia proses pembelajaran TDPLK di SMK Negeri 1 Cikampek dinilai belum maksimal, pemberian materi dikelas hanya menggunakan media buku sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi yang memuat beberapa praktikum, hal ini disebabkan karena keterbatasan alat yang dimiliki pihak jurusan. Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada yaitu dengan membangun sebuah media pembelajaran berbantuan komputer dengan menggunakan metode Computer Assisted Insstruction (CAI). Dengan metode CAI memungkinkan untuk siswa melakukan latihan, simulasi dengan berbantuan komputer. Berdasarkan pengujian kuesioner terhadap siswa jurusan analis kimia yang diukur dengan skala likert menunjukan skor total 1136 yang menyatakan siswa lebih mudah memahami materi dan praktikum dengan bantuan aplikasi multimedia, hasil wawancara dengan guru analis kimia menunjukan guru terbantu dengan aplikasi multimedia TDPLK, berdasarkan perhitungan nilai rata-rata yang diuji pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukan aplikasi multimedia TDPLK menghasilkan hasil belajat yang lebih baik secara signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran, CAI, Analis Kimia, Teknik dasar pekerjaan laboratorium kimia, Skala Likert.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57794

Actions (login required)

View Item View Item