Pembangunan Aplikasi Smart Library Berbasis Mobile Android Di Perpustakaan Akademi Keperawatan Pemerintahan Daerah Kabupaten Subang

Rizal Pangestu, Giono (2017) Pembangunan Aplikasi Smart Library Berbasis Mobile Android Di Perpustakaan Akademi Keperawatan Pemerintahan Daerah Kabupaten Subang. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Akademi Keperawatan Pemkab Subang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang bergerak dibidang kesehatan telah beridiri sejak 10 Oktober 2012 , kampus ini beralamat di jalan KatamsoO N0.37 , Subang, Jawa Barat, Indonesia. Di Akper Pemda Subang terdapat perpustakaan yang menyediakan berbagai pinjaman koleksi buku, referensi dan berbagai macam CD tutorial serta CD-CD ilmu pengetahuan khususnya dibidang Ilmu Kesehatan. Pada saat ini, perpustakaan A Subang masih di kelola secara manual dan belum sistematis. Ini membuat semua kegiatan di perpustakaan Akper Pemda Subang masih manual, seperti pendaftaran member yang masih harus datang ke perpustakaan, proses peminjaman buku yang masih didata secara manual begitu pun dengan proses perpanjangan. perpustakaan sedang banyak, maka proses ini akan membuat mahasiswa mengantri. Begitu pun dengan pengelolaan perpustakaan masih dicatat secara sederhana. Smartphone sudah menjadi bagian dari hidup kita yang membantu aktivitas keseharian menjadi lebih mudah System operasi yang berbiaya rendah, memiliki aspek Usebility dan sangat mudah dipelajari serta dimengerti oleh pengguna dan OS android bersifat open source, sehingga aplikasi pihak ketiga untuk operating system android berkembang sangat pesat, semakin banyaknya jumlah aplikasi dan games yangberedar untuk smartphone berbasis android. dengan menggunakan fitur-fitur dan teknologi yang ada dalam smartphone.Contohnya seperti kamera yang dapat digunakan untuk membaca QRCode. Fitur dan teknologi inidapat dimanfaatkan dalam membaca QRCode pada buku di perpustakaan kemudian memberikan informasi mengenai buku tersebut. oleh sebab itu di berikan solusi untuk membangun aplikasi mobile android yang dapat membantu mahasiswa dan petugas untuk melakukan kegiatan perpustakaan. Setelah dilakukan pegujian Blackbox, kuisioner dan wawancara dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak Smart library telah mempermudah pengguna yaitu mahasiswa dan petugas dalam melakukan kegiatan perpustakaan, melihat buku, melalkukan peminjaman, pencarian buku dan pembuatan laporan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: smartphone, qrcode, perpustakaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57795

Actions (login required)

View Item View Item