Strategi Komunikasi Unit Kesehatan PT. Kereta Api Indonesia Melalui Kegiatan Bakti Sosial Rail Clinic (Studi Deksriptif Mengenai Strategi Komunikasi Unit Kesehatan PT. Kereta Api Indonesia Melalui Kegiatan Bakti Sosial Rail Clinic Dalam Melayani Kesehata

Hartono, Chandra (2018) Strategi Komunikasi Unit Kesehatan PT. Kereta Api Indonesia Melalui Kegiatan Bakti Sosial Rail Clinic (Studi Deksriptif Mengenai Strategi Komunikasi Unit Kesehatan PT. Kereta Api Indonesia Melalui Kegiatan Bakti Sosial Rail Clinic Dalam Melayani Kesehata. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Maksud penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang Strategi Komunikasi PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung Melalui Kegiatan Bakti Sosial Rail Clinic dalam Melayani Kesehatan Masyarakat Kabupaten Cianjur. Untuk menjawab strategi komunikasi tersebut, peneliti menggunakan subfokus perencanaan, pelaksanaan, pesan, dan media. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan Penelitian adalah Manager Kesehatan dan Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung serta 2 informan pendukung yaitu masyarakat kabupaten Cianjur dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi non partisipan, internet searching, dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, Unit Kesehatan PT.Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung melakukan Strategi Komunikasi dengan menentukan Perencanaan yang akan dilakukan dengan Target melayani Kesehatan Masyarakat Kabupaten Cianjur, Pelaksanaan pada saat Kegiatan berjalan sesuai target yang direncanakan, masyarakat yang mengikuti mendapat giliran untuk berobat, Pesan yang disampaikan yatu agar masyarakat menjaga kesehatan dan pola hidup bersih dan Media yang digunakan untuk menyebarluaskan informasi adalah Surat, spanduk, web KAI, dan whatsapp. Kesimpulan penelitian menunjukan, strategi komunikasi yang dilakukan berjalan lancar seperti apa yang direncanakan, dengan hasil penelitian masyarakat yang mengikuti kegiatan Rail Clinic mendapat kesempatan untuk memeriksakan kesehatan dan diberikan pengobatan secara gratis. Saran yang diberikan penelitian ini, Unit Kesehatan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung lebih memperhatikan agar acara kegiatan Rail clinic seharusnya bisa menjadi agenda rutin 6 bulan sekali di stasiun cianjur dan penambahan obat-obatan untuk kegiatan Rail Clinc.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Dalam melayani Kesehatan masyarakat Kabupaten Cianjur, deskriptif.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57819

Actions (login required)

View Item View Item