Pola Komunikasi Komunitas Kerang Ajaib Photography Dalam Mempertahankan Solidaritas Anggotanya (studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Kerang Ajaib Photography Dalam Mempertahankan Solidaritas Anggotanya Di Bandung)

Iqbsl Fahmi, Muhamad (2018) Pola Komunikasi Komunitas Kerang Ajaib Photography Dalam Mempertahankan Solidaritas Anggotanya (studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Kerang Ajaib Photography Dalam Mempertahankan Solidaritas Anggotanya Di Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pola komunikasi komunitas Kerang Ajaib Photography dalam mempertahankan solidaritas anggotanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi, hambatan dan arus pesan dalam pola komunikasi komunitas Kerang Ajaib Photography dalam mempertahankan solidaritas anggotanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, studi pustaka, observasi, dokumentasi dan internet searching. Adapun teknik analisis data yang dilakukan, melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data untuk penelitian ini yaitu peningkatan ketekunan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian berkaitan dengan pola komunikasi komunitas kerang ajaib photography dalam mempertahankan solidaritas anggotanya, dan menunjukkan bahwa proses komunikasi yang dilakukan oleh komunitas kerang ajaib photography meliputi semua unsur proses komunikasi, komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek. Hambatan dalam pola komunikasi di komunitas kerang ajaib photography ini lebih kepada hambatan psikologis, yang mana dapat dilihat dari perbedaan pedapat tiap anggota, sematik merupakan hambatan dari segi bahasa, dan teknis dapat dilihat dari segi teknisi dari semua anggota di komunitas ini. Arus pesan komunikasi yang di lakukan oleh komunitas kerang ajaib photography dalam semua kegiatan yang dilakukan terjalin satu sama lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, komunitas kerang ajaib photography melakukan sebuah proses komunikasi mencakup semua unsur yang ada dalam proses komunikasi tersebut. Terjadinya hambatan di dalam pola komunikasi pada saat kegiatan yang dilakukan oleh kerang ajaib photography bisa diantisipasi dengan baik. Seluruh anggota komunitas kerang ajaib photography berkomunikasi dengan arus pesan dan disesuaikan dengan kondisi komunitas yang ada Saran yang dapat peneliti berikan, sebaiknya komunitas Kerang Ajaib Photography lebih memperbanyak kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa kebersamaan ditiap anggota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Deskriptif, Pola Komunikasi, Solidaritas.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57824

Actions (login required)

View Item View Item