Aktivitas Komunikasi Pertunjukan Benjang Gulat Pada Acara Pagelaran Kesenian (Studi Ilmu Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Pertunjukan Benjang Gulat Pada Acara Pagelaran Kesenian Dalam Mempertanhan Kesenian Sunda Di Kota Bandung)

Anggriawan, Ari (2018) Aktivitas Komunikasi Pertunjukan Benjang Gulat Pada Acara Pagelaran Kesenian (Studi Ilmu Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Pertunjukan Benjang Gulat Pada Acara Pagelaran Kesenian Dalam Mempertanhan Kesenian Sunda Di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas Komunikasi Pertunjukan Benjang Gulat Pada Acara Pagelaran Kesenian Dalam Mempertahankan Kesenian Sunda di Ujungberung Kota Bandung. Untuk menjawab masalah tersebut maka peneliti mengambil situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindakan komunikatif sebagai subfokus penelitian untuk menganalisa fokus penelitian yaitu Aktivitas Komunikasi Pertunjukan Benjang Gulat Pada Acara Pagelaran Kesenian. Pendekatan kualitatif dengan metode etnografi komunikasi, informan berjumlah 4 orang yang terdiri dari informan kunci 2 orang dan infroman pendukung 2 orang, diperoleh dengan tekhnik purposive sampling. Uji keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, kecukupan referensi dan triangulasi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, studi literatur, dan internet searching. Analisa data yang digunakan yaitu deskripsi, analisis, dan interpretasi. Hasil penelitian adalah 1) Situasi komunikatif pada Pagelaran Benjang Gulat yaitu Pagelaran Benjang Gula seiring berkembangnya jaman pagelaran jarang dilakukan di tempat tanah lagi melainkan di sebuah panggung yang luas dengan menggunakan matras agar tidak mencederai para pebenjang.lalu situasi dari komunikasinya menggunakan komunikasi nonformal dengan bahasa daerah yaitu bahasa sunda. Selain itu situasi komunikasinya menegangkan namun tetap terhibur juga dengan pagelaran benjang gulat ini membuat suasana meriah ketika masyarakat menyaksikannya. Dalam pagelaran Benjang Gulat terdapat dua situasi, yaitu situasi persiapan dan situasi pertunjukan. 2) Peristiwa komunikatif yaitu benjang gulat merupakan kesenian tradisional asli Jawa Barat. Pagelaran Benjang Gulat biasanya dilaksanakan ketika ada hajatan atau pun ketika ada acara di suatu daerah. Ada nilai dan aktivitas komunikasi yang terkandung di dalam pagelaran tersebut bagi pebenjang yang menang jangan lah sombong takabur harus melihat kebawa dan jika pebenjang yang kalah jangan patah semangat masih bisa untuk berjuang. 3) Tindakan komunikatif pada perayaan merupakan bentuk perintah, pernyataan, permohonan dan perilaku nonverbal, bentuk perintah dan pernyataan yang ada bahwa gerakan dalam Benjang Gulat merupakan gerakan khusus yang harus diketahui pebenjang dan di lantunkan musik seni tradisional yang khas juga yang di mainkan. Dan pakaian yang digunakan pun harus sesuai dengan yang telah ditetapkan. 4) Aktivitas komunikasi dalam pagelaran Benjang Gulat yaitu dimulai dari persiapan hingga sesudah perayaan pagelaran. Kesimpulan penelitian bahwa Aktivitas Komunikasi Pertunjukan Benjang Gulat Pada Acara Pagelaran Kesenian merupakan suatu aktivitas yang rangkaiannya mempunyai aktivitas yang khas. Ada makna nilai terkandung didalam pagelaran yang perlu di lakukan pebenjang. Saran peneliti, agar masyarakat bersama lebih menjaga dan melestarikan kebudayaan dengan cara mendokumentasikan kegiatan karena itu semua sebagai langkah untuk mempertahankan seni Benjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Komunikasi, Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif, Tindakan Komunikatif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57825

Actions (login required)

View Item View Item