Pola Komunikasi Organisasi Pada Divisi Pemberitaan TVRI Jawa Barat (Studi Deksriptif Mengenai Pola Komunikasi Organisasi Pada Divisi Pemberitaan TVRI Jawa Barat Dalam Menjalin Hubungan Baik Diantara Karyawan Pada Divisi Pemberitaan TVRI Jawa Barat di Kota

Lucky Lestari, Asri (2018) Pola Komunikasi Organisasi Pada Divisi Pemberitaan TVRI Jawa Barat (Studi Deksriptif Mengenai Pola Komunikasi Organisasi Pada Divisi Pemberitaan TVRI Jawa Barat Dalam Menjalin Hubungan Baik Diantara Karyawan Pada Divisi Pemberitaan TVRI Jawa Barat di Kota. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pola komunikasi organisasi pada Divisi Pemberitaan TVRI Jawa Barat. Adapun subfokus penelitian ini untuk mengetahui aliran informasi, hambatan komunikasi pada divisi pemberitaan dalam menjalin hubungan baik diantara karyawan pada Divisi Pemberitaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pemilihan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 5 orang. Teknik pengumpulandengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Teknik analisa data dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aliran informasi pada Divisi Pemberitaan menggunakan aliran komunikasi vertikal dan horizontal, dimana aliran komunikasi vertikal yang terbagi menjadi komunikasi antara bawahan dengan atasan (Upward Communication) memberi masukan kepada atasan mengenai pengajuan alat baru dan memberi kritikan mengenai masalah gaji yang kurang manusiawi, dan komunikasi antara atasan dan bawahan (Downward communication) yang menganut gaya kepemimpinan otoriter dimana pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh atasan, sedangkan karyawan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan. Aliran informasi horizontal dilakukan oleh seluruh karyawan, tetapi masih ada yang menutup diri untuk tidak berkomunikasi dengan karyawan lainnya. komunikasi diagonal dilakukan oleh sub divisi satu dengan sub divisi lainnya. Media yang sering digunakan adalah whatsappgroup untuk memberikan informasi mengenai pekerjaan. Ada 2 hambatan komunikasi yang dialami oleh Divisi pemberitaan. Hambatan yaitu penyaringan informasi dan hambatan psikologis. Kesimpulan penelitian yaitu memperlihatkan pola komunikasi pada Divisi Pemberitaan belum sepenuhnya terjalin hubungan baik diantara karyawan Divisi Pemberitaan TVRI Jawa Barat, hal tersebut terlihat dari model jaringan komunikasi yang menyerupai model huruf Y yang dianggap paling tepat dalam menggambarkan pola komunikasi organisasi pada Divisi Pemberitaan TVRI Jawa Barat. Saran penelitian ini diharapkan menjalin komunikasi yang sehat dengan adanya saling keterbukaan diantara para pimpinan dan seluruh karyawan Divisi Pemberitaan TVRI Jawa Barat, dan diadakannya Gathering untuk seluruh karyawan Divisi Pemberitaan TVRI Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Organisasi, TVRI Jawa Barat.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57828

Actions (login required)

View Item View Item