Tindak Tutur Komunikasi Kidung Sawer Pada UPacara Pernikahan Adat Sunda Di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Linguistik Pendekatan Analisis Percakapan Kidung Sawer Pada Upacara Pernikahan Adat Sunda Di Kota Bandung)

Murdiana, Rizki (2018) Tindak Tutur Komunikasi Kidung Sawer Pada UPacara Pernikahan Adat Sunda Di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Linguistik Pendekatan Analisis Percakapan Kidung Sawer Pada Upacara Pernikahan Adat Sunda Di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan mengenai tindak tutur komunikasi Kidung Sawer ditinjau dari pendakatan analisis percakapan dan mengatahui tindakan lokusi, ilokusi dan perlokusi yang dilakukan di upacara pernikahan adat Sunda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan studi fenomenologi linguistik dengan pendekatan analisis percakapan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Wawancara Mendalam, Observasi/Pengamatan berperanserta, Studi Kepustakaan, dan Studi Lapangan. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan informan dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data digunakan ketekunan pengamatan, tringulasi, dan pemeriksaan sejawat dengan diskusi. Hasil dari penelitian menunjukan bahawa adanya tindak lokusi pada kidung sawer yang menunjukan pesan ekspresif yang mengarah kepada memuji dan memberitahu pada saat upacara pernikahan adat Sunda. Tindak lokusi terdapat makna mengharapkan pendengar untuk bertindak berupa mengundang, mengucapkan selamat, dan mengharapkan kebahagiaan pengantin. Tindak perlokusi tersebut adanya dampak untuk permintaan yang dilakukan sawer kepada pengantin dan tamu undangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kidung yang dilantunkan tidak hanya sebuah lagu atau sebagai prosesi adat pernikahan yang harus dilakukan, tetapi jika dilihat dari tuutran juru kawih adanya sebuah tindakan lokusi, ilokusi dan perlokusi dalam lantunan kidung sawer pada upacara pernikahan adat Sunda yang dapat dilihat secara teks yang ada.Saran yang dapat berikan, dapat dijadikan sebuah bahan pemikiran bagi mahasiswa khususnya mengenai tindak tutur. Bahwa setiap percakapan yang ada dalam keseharian ataupun konteksnya mengenai kebudayaan bisa saja berupa tindakan jika dianalis menggunakan analisis percakapan. Kemudian penelitian tindak tutur ini dapat memberikan satu pandangan bahwasannya komunikasi bukanlah ilmu yang pasif tetapi komunikasi akan terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tindak Tutur, Fenmenologi Linguistik
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57833

Actions (login required)

View Item View Item