Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Melalui Program Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Terhadap Sikap Warga Lansia Di Posyandu Mawar Bandung (studi kuantitatif dengan metode survei mengenai efektivitas komunikasi antarpibadi melalui program posbindu terhada

Ratna Silvia, Devita (2018) Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Melalui Program Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Terhadap Sikap Warga Lansia Di Posyandu Mawar Bandung (studi kuantitatif dengan metode survei mengenai efektivitas komunikasi antarpibadi melalui program posbindu terhada. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi antarpribadi melalui program Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) terhadap sikap warga Lansia di Posyandu Mawar RW.04 Kelurahan Sekeloa Bandung. Untuk menjawab penelitian diatas maka peneliti mengangkat indikator keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan untuk mengukur variabel Efektivitas Komunikasi Antarpribadi (X) dan mengangkat indikator kognitif, afektif dan konatif untuk variabel sikap (Y). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif metode survei. Sampel dari penelitian ini adalah Lansia peserta program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) di Posyandu Mawar RW.04 Kelurahan Sekeloa Bandung yang berjumlah 40 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, studi kepustakaan, dan studi internet. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh antara variabel digunakan koefisien korelasi Person. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh antara keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan Kader terhadap sikap Lansia di Posyandu Mawar RW.04 Kelurahan Sekeloa Bandung dan pengaruh antara kognitif, afektif, dan konatif sikap warga Lansia di Posyandu Mawar RW.04 Kelurahan Sekeloa Bandung. Hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis, mengisyaratkan bahwa H0 ditolak, dengan demikian hipotesis penelitian H1 diterima. Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa efektivitas komunikasi antarpribadi melalui program Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) terhadap Sikap warga Lansia di Posyandu Mawar RW.04 Kelurahan Sekeloa Bandung. Hasil analisis menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi antarpribadi yang kondusif akan meningkatkan dan mempengaruhi sikap warga Lansia menjadi lebih baik. Saran yang dapat disampaikan pada penelitian ini adalah pengurus program POSBINDU bisa lebih giat dalam menyampaikan informasi bagaimana pentingnya kesehatan kepada para warga Lansia tidak aktif dalam program POSBINDU. Hal ini agar bisa mempengaruhi sikap warga Lansia untuk sadar akan pentingnya kesehatan di usia lanjut dan membuat kegiatan lain yang lebih produktif untuk para warga Lansia agar program POSBINDU bisa diikuti oleh warga Lansia lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Komunikasi Antarpribadi, Kader, Sikap, Lansia.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57834

Actions (login required)

View Item View Item