Pola Komunikasi Orang TUa Dan Anak Penderita Thalassemia (studi deksriptif mengenai pola komunikasi orang tua dalam motivasi anak penderita thalassemia di kota Bandung)

Lestari, Novianty (2018) Pola Komunikasi Orang TUa Dan Anak Penderita Thalassemia (studi deksriptif mengenai pola komunikasi orang tua dalam motivasi anak penderita thalassemia di kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Komunikasi orang tua dan anak penderita thalassemia. Penelitian ini untuk menjawab tujuan penelitian maka fokus penelitian adalah mengenai pola komunikasi yang dilihat dari proses komunikasi dan hambatan komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan penelitian ini sebanyak 6 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang di lakukan penulis dengan melakukan wawancara secara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh oleh penulis dalam penelitian ini, bahwa pola komunikasi dilihat dari proses dan hambatan komunikasi. Proses komunikasi berupa pendekatan melalui komunikasi lisan secara berulang dengan suasana ketika sedang santai dan juga mendekatkan anak dari sisi agama. Hambatan komunikasi dilihat dari waktu, cara berpikir anak dan cara berkomunikasi orang tua dan anak dan juga sisi psikologi anak..Kesimpulan pola komunikasi orang tua dalam memotivasi anak penderita thalassemia adalah dengan pola komunikasi yang saling terbuka antara orang tua dan anak dan juga mendekatkan anak dari sisi agama. Semangat terlihat dari anaknya yang percaya diri dan tetap sabar walaupun menderita thalassemia.Saran bagi orang tua adalah dengan memperlihatkan anaknya dengan media yaitu video tentang motivasi hidup yang akan membuat anak penderita thalassemia lebih termotivasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Proses Komunikasi, Hambatan Komunikasi, Motivasi, Thalassemia.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57835

Actions (login required)

View Item View Item