Strategi Public Relation InfoBDG Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Kegiataan Ngamplag Fest (Studi Deksriptif Mengenai Kegiatan Ngamplag Fest Dalam Membangun Citra di Kalangan Pemuda Kota Bandung)

Bungsu, Nadya (2018) Strategi Public Relation InfoBDG Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Kegiataan Ngamplag Fest (Studi Deksriptif Mengenai Kegiatan Ngamplag Fest Dalam Membangun Citra di Kalangan Pemuda Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Public Relations Infobdg dalam membangun citra perusahaan di kalangan Pemuda Kota Bandung melalui kegiatan Ngamplag Fest. Peneliti mengangkat subfokus yang pertama adalah perencanaan yang mencakup rencana, tujuan, pesan, dan media. Kedua adalah manajeman serta terakhir adalah evaluasi untuk menjawab fokus penelitian yakni strategi public relations. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Informan penelitian berjumlah 7 (tujuh) orang berdasarkan pada teknik purposive. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Infobdg melakukan perencanaan, diawali dengan rapat berupa penyusunan proposal rencana untuk menentukan konsep kegiatan, kepanitiaan, waktu, tempat, serta target sasaran kegiatan. Dengan tujuan sebagai langkah pengembangan program, pengenalan perusahaan secara langsung kepada publik, juga untuk meningkatkan pengikut. Pesan kegiatan antaralain menyebarkan semangat berkarya di masa muda. Perusahaan memanfaatkan media penunjang visual, audio-visual, media partner, dan sponsorship. Selanjutnya manajemen yang baik dilakukan kru panitia saat Ngamplag Fest berlangsung serta sikap evaluasi berupa rapat untuk melihat respon dan apresiasi publik, terutama anak-anak muda pada Ngamplag Fest dan Infobdg saat kegiatan berlangsung maupun di media sosial, serta membuat video dokumenter untuk mengabadikan momen Ngamplag Fest. Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa strategi public relations Infobdg dalam melaksanakan Ngamplag Fest telah diterapkan dengan baik, lalu target, pesan, dan media yang digunakan sudah tepat sasaran. Walaupun ada hambatan saat perencanaan dan saat Ngamplag Fest berlangsung, namun PR bersama tim nya mampu mengatasi dengan baik. Semua itu terlihat dari bertambahnya pengikut di media-media yang dioperasikan Infobdg, seperti Twitter, Instagram, dan Youtube.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Public Relations, Ngamplag Fest, Infobdg, Citra Perusahaan, Media Sosial
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57837

Actions (login required)

View Item View Item