Pembingkaian Berita Isu Lesbian Gay Biseksual Transgender Dalam Kasus HIV Di Sukabumi Pada Republika Online dan Tempo.Co Edisi Januari 2017

Natalia Larasati, Risky (2018) Pembingkaian Berita Isu Lesbian Gay Biseksual Transgender Dalam Kasus HIV Di Sukabumi Pada Republika Online dan Tempo.Co Edisi Januari 2017. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi media massa di Indonesia yang mampu mempengaruhi sudut pandang masyarakat secara luas melalui konstruksi dari pembingkaian berita yang dilakukan oleh media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembingkaian Berita Isu Lesbian Gay Biseksual Transgender dalam Kasus HIV di Sukabumi Pada Republika Online 5 Januari 2017 dan Tempo.co 1 Januari 2017 yang menarik perhatian banyak masyarakat setempat. Penelitian ini membahas mengenai penggunaan teknik framing Robert N Entman dalam membentuk bingkai pemberitaan objek penelitian. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis framing, serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, studi kepustakaan, dan penelusuran data online. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi. Uji keabsahan data untuk penelitian ini yaitu peningkatan ketekunan observasi, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendefinisian masalah bertitik erat pada sebuah masalah sosial mengenai penyebaran HIV. Hal tersebut dikembangkan melalui temuan aktor �� aktor yang dianggap sebagai penyebab terjadinya penyebaran HIV. Dimana menurut Republika Online adalah akibat perbuatan LGBT dan Tempo.co adalah akibat gaya hidup. Kedua penyebab tersebut melahirkan nilai putusan moral. Perbuatan LGBT dinilai sebagai hal yang tidak bermoral dan membawa kritik tegas mengenai tindak lanjut terhadap keberadaan LGBT. Juga kepada Tempo.co yang menilai bahwa gaya hidup pengidap HIV merupakan hal yang harus diperhatikan. Sehingga menjadi ketukan bagi pemerintah dan lembaga kesehatan reproduksi untuk lebih peduli memberikan informasi, serta penanganan khusus bagi orang - orang yang mengidap HIV. Simpulan penelitian merujuk kepada sebuah proses pembingkaian sudut pandang dan cara media massa/wartawan dalam melihat sebuah peristiwa, membentuk, hingga menyajikan berita. Termasuk kepada isu Lesbian Gay Biseksual Transgender dalam Kasus HIV di Sukabumi yang memiliki dampak atau efek berbeda dari setiap pesan juga makna yang disampaikan oleh Republika Online dan Tempo.co. Saran yang diberikan penelitian ini, proses pembingkaian sudut pandang suatu media massa/wartawan, diharapkan mampu menjadi salah satu proses penyampaian pesan komunikasi yang membangun sikap kristis masyarakat dalam menerima informasi yang kini begitu beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Framing, Konstruksi, Pendefinisian masalah.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57838

Actions (login required)

View Item View Item