Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi KJerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (studi Kuantitatif Mengenai Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat)

Pramura Hardi, Pandu (2018) Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi KJerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (studi Kuantitatif Mengenai Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Untuk menjawab masalah diatas peneliti menganalisa faktor kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi keatas, perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi, harapan, pemenuhan, peluang dan kinerja. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah para Pegawai yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling berstrata proporsional hingga menghasilkan sampel sebanyak 78. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, wawancara, observasi, studi literatur, dan penelusuran data online. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh antara variabel digunakan regresi linier sederhana. Data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket, diberi skor, diolah dan dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara faktor kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas, perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi terhadap motivasi kerja pegawai dan ada pengaruh antara iklim komunikasi organisasi dengan harapan, pemenuhan, peluang dan kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara iklim komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis, mengisyaratkan bahwa H0 ditolak dan hipotesis penelitian Ha diterima. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklim komunikasi yang kondusif akan meningkatkan dan mempengaruhi motivasi kerja menjadi lebih baik. Saran yang dapat disampaikan pada penelitian ini adalah untuk menjaga Iklim Komunikasi yang kondusif guna meningkatkan motivasi kerja para pegawainya adalah dengan cara mengadakan kegiatan rutin bulanan sebagai perekat antara pegawai dan juga dengan mengembangkan sistem komunikasi yang berbasis teknologi, seperti website internal, sehingga data atau informasi bisa lebih dikomunikasikan dengan cepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Iklim Komunikasi Organisasi, Motivasi Kerja, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57839

Actions (login required)

View Item View Item