Pengaruh Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia Dan Inflasi Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2016

Nurulrahman, Teguh (2018) Pengaruh Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia Dan Inflasi Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2016. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pasar modal merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk hutang, ekuitas (saham), instrumen derivatif, maupun instrumen lainnya. Pasar Modal memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal menjalankan dua fungsi, yaitu pertama sebagai sarana pendanaan usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal atau investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia, Dan Inflasi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan baik secara parsial maupun simultan di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi data Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia dan data Inflasi pada periode 2014-2016. Pengujian statistik yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis yang dihitung menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian dari uji T menunjukan bahwa variabel Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia berpengaruh negatif signifikan secara parsial terhadap indeks harga saham gabungan, dan Inflasi berpengaruh negatif signifikan secara parsial terhadap indeks harga saham gabungan. Sedangkan hasil penelitian dari uji F secara simultan menunjukkan Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia dan Inflasi berpengaruh negatif terhadap indeks harga saham gabungan dengan total pengaruh sebesar 39,2% sehingga 60,8% harga saham dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia, Inflasi, dan Indeks Harga Saham Gabungan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57894

Actions (login required)

View Item View Item