Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

May Agustin, Wendi (2018) Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan utama perusahaan yaitu untuk memaksimalkan kekayaan pemilik perusahaan atau pemegang saham, hal ini dapat terwujud dengan upaya meningkatkan nilai perusahaan atau maksimalisasi nilai pasar atas harga saham perusahaan yang bersangkutan. Nilai perusahaan dijadikan sebagai suatu ukuran keberhasilan manajemen perusahaan dalam prospek operasi di masa mendatang sehingga dapat mewujudkan kepercayaan bagi pemegang saham perusahaan, karena apabila kesejahteraan para pemegang saham sudah mampu terpenuhi, maka sudah pasti keadaan tersebut mencerminkan nilai perusahaan yang tinggi pula. Ada banyak faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan, beberapa diantaranya yaitu ukuran perusahaan dan struktur modal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan secara simultan dan parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dan laporan kapitalisasi pasar tahun 2011-2015 dari seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu sebanyak 14 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini 7 perusahaan dari perusahaan makanan dan minuman. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan program aplikasi SPSS 16.0 for windows sebagai alat bantu analisis. Hasil penelitian menunjukan ukuran perusahaan, struktur modal dan nilai perusahaan mengalami fluktuasi tiap tahunnya. Selanjutnya hasil analisis statistik membuktikan bahwa secara simultan ukuran perusahaan dan struktur modal berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan struktur modal berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Struktur Modal dan Nilai Perusahaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57913

Actions (login required)

View Item View Item