Pembangunan Sistem Informasi Supply Chain Management Di CV. Sentosa Andalan WURMB

Nurul Fahmi Hermana, Reza (2018) Pembangunan Sistem Informasi Supply Chain Management Di CV. Sentosa Andalan WURMB. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Areniss Indonesia adalah merek produk gula aren dengan standar spesifikasi produk yang sehat, alami dan wangi dikomunikasikan secara global oleh CV. Sentosa Andalan Wurmb (SAW). Areniss Indonesia memiliki dua varian produk gula aren yaitu aren semut dan aren padat. Areniss Indonesia melakukan kegiatan supply chain dari bagian hulu sampai ke bagian hilir. Kegiatan yang dilakukan pada bagian hulu meliputi proses pengadaan bahan baku kepada pemasok, penerimaan bahan baku, dan melakukan pengolahan bahan baku menjadi produk areniss baik aren semut atau aren padat. Kegiatan yang dilakukan pada bagian hilir meliputi penerimaan pesanan dari konsumen hingga melakukan pengiriman produk kepada konsumen. Pengadaan bahan baku yang dilakukan bagian gudang kepada pemasok saat ini dilakukan secara berkala dengan periode pemesanan satu bulan sekali dan pembayaran dilakukan secara tunai yang mengakibatkan terjadinya kekurangan bahan baku jika pemesanan meningkat dan penumpukan bahan baku jika pemesanan menurun. Penjadwalan pendistribusian kepada pelanggan sering mengalami ketidaksesuaian waktu pengiriman, hal ini dikarenakan jumlah persediaan produk jadi yang tersedia kurang untuk memenuhi kebutuhan dari pelanggan. Strategi Supply Chain yang digunakan adalah Push Supply Chain, karena didasarkan pada kesesuaian yang terjadi di perusahaan saat ini yaitu menggunakan strategi make-to-stock. Sistem informasi ini dibangun dari bagian hulu (upstream) sampai bagian hilir (downstream). Metode peramalan pemesanan produk yang digunakan adalah single exponential smoothing. Perhitungan prediksi ketersediaan bahan baku dan produk di gudang menggunakan metode pengamanan persediaan (Safety Stock). Proses pemesanan bahan baku menggunakan sistem pemesanan langsung. Berdasarkan hasil pengujian fungsional, UAT (User Acceptance Test) dan pengujian pengguna akhir dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu kepala bagian gudang dalam menentukan banyaknya jumlah bahan baku yang akan digunakan dan memudahkan dalam proses menjadwalan pendistribusian produk kepada pelanggan. Pembangunan Sistem Informasi Supply Chain Management di CV. Sentosa Andalan Wurmb dapat dikembangkan lebih lanjut dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan kinerja yang lebih baik lagi guna menunjang kebutuhan perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: supply chain management, push supply chain, make-to-stock, single exponential smoothing, safety stock
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57920

Actions (login required)

View Item View Item