Information Retrival Dalam Pencarian Cerdas Mengenai Muamalah

Lman Teguh Prasetya, I (2018) Information Retrival Dalam Pencarian Cerdas Mengenai Muamalah. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Information Retrieval (IR) adalah ilmu yang mempelajari sebuah metode untuk menemukan kembali informasi relevan yang tersimpan disebuah koleksi sumber informasi. Dalam proses pencarian informasi dibutuhkun sebuah metode pencarian. Algoritma KNN menurut beberapa jurnal algoritma KNN dinilai baik dalam penyelesaian kasus recognition dan klasifikasi, pada penelitian ini akan dilakukan implementasi Algoritma KNN dalam kasus pencarian buku. Didalam penelitian ini melakukan analisis terhadap penerapan algoritma KNN dalam pencarian buku pada koleksi buku muamalah. Adapun tahapan yang dianalisis tahap preprocessing data. Dalam penelitian ini juga dilakukan analisis pada setiap tahap algoritma KNN yaitu penentuan K, perhitungan jarak dokumen testing menuju dokumen training, urutkan data dan menentukan kelompok data testing. Berdasarkan hasil pengujian, algoritma KNN mampu menyelesaikan permasalahan pencarian dari koleksi informasi. Proses pencarian yang berdasarkan kesamaan kata dari data training dan data testing sangat membantu sekali dalam peningkatan kualitas dari hasil pencarian. Pencarian menggunakan KNN menggunakan 20 data training memiliki nilai akurasi 95%, Proses pencarian menggunakan algoritma KNN juga dapat memberikan informasi klasifikasi mengenai permasalah user yang membuat pengguna menjadi tidak kebingungan mengenai materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Muamalah, Pencarian menggunakan KNN, Sistem temu balik informasi, Klasifikasi, akurasi, preprocessing data.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57921

Actions (login required)

View Item View Item