Pembangunan Game Edukasi "Petualangan Kolev" Sebagai Media Pembelajaran Matematika berbasis Android (Studi Kasus SMPN 1 Tanjungsari)

Defri Enkasyarif, Muhammad (2018) Pembangunan Game Edukasi "Petualangan Kolev" Sebagai Media Pembelajaran Matematika berbasis Android (Studi Kasus SMPN 1 Tanjungsari). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMP Negeri 1 Tanjungsari merupakan sekolah menengah pertama yang sama seperti sekolah lainnya yang memiliki matematika sebagai salah satu mata pelajaran utamanya. Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, oleh sebab itu banyak siswa yang memiliki nilai buruk. Metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional seperti ceramah dan diskusi. Metode pembelajaran yang konvensional serta tidak adanya media pembantu membuat siswa kurang memahami matematika dan tidak menyukai matematika. Berdasarkan penelitian yang dilakukan sebelumnya oleh Dora Irsa, Rita Wiryasaputra, dan Sri Primaini dengan judul Game Edukasi Matematika untuk Sekolah Dasar berbasis android, bahwa edukasi dapat meningkatkan minat belajar anak. Perhitungan dalam game edukasi tersebut hanya mengajarkan pertambahan dan pengurangan saja, akan tetapi dalam game edukasi Petualangan Kolev terdapat 8 bab materi matematika dengan konsep petualangan dan pertarungan sebagai metode evaluasi, sehingga dapat menjadi sebuah media pendamping bagi siswa dalam belajar diluar sekolah. Metode yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah MDLC versi LutherSutopo. Hasil penelitian yang dilakukan berupa game edukasi Petualangan Kolev yang digunakan sebagai media pendamping pelajaran matematika untuk siswa belajar diluar jam sekolah. Berdasarkan hasil penyebaran kuisioner kepada 121 siswa didapatkan hasil keseluruhan sikap responden siswa terhadap tujuan ada pada kategori sangat positif

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, Matematika, Media Pembelajaran, Petualangan, Android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57924

Actions (login required)

View Item View Item