Pembangunan Aplikasi Smartphone Berbasis Android Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur Dengan Memanfaatkan Sensor Smartphone Dan Nilai Dari Wearable Samsung Gear Fit 2

Wijaya Permana Putra, Bayu (2018) Pembangunan Aplikasi Smartphone Berbasis Android Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur Dengan Memanfaatkan Sensor Smartphone Dan Nilai Dari Wearable Samsung Gear Fit 2. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tidur merupakan aktivitas penting yang dibutuhkan oleh kesehatan tubuh manusia. Namun, berdasarkan 63 responden orang dewasa yang telah menjawab pertanyaan kuesioner, terdapat 93% di antaranya tidak mengetahui informasi untuk meningkatkan kualitas tidur, sehingga 77% di antara mereka beberapa kali (sekitar sekali seminggu) mengalami masalah atau gangguan tidur. Perkembangan teknologi pada smartphone Android saat ini telah memanjakan penggunanya dengan berbagai inovasi di dalamnya. Tidak heran jika smartphone sering dibawa pergi kemanapun, bahkan saat akan tidur sekalipun. Begitu juga dengan perangkat wearable yang dapat melacak aktivitas penggunanya seperti pada Samsung Gear Fit2 yang dapat melacak langkah kaki dan tidur. Oleh karena itu, timbul dorongan untuk membangun aplikasi smartphone berbasis Android untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Aplikasi memanfaatkan sensor cahaya smartphone untuk mendeteksi intensitas cahaya dan mikrofon smartphone untuk mendeteksi tingkat kebisingan yang dapat mempengaruhi kualitas tidur. Aplikasi juga memanfaatkan nilai data tidur dan langkah kaki dari wearable Samsung Gear Fit2 melalui aplikasi S Health yang dapat diakses dengan menggunakan Samsung Digital Health SDK untuk diolah oleh aplikasi menjadi masukkan dalam proses penghitungan kualitas tidur dengan metode PSQI. Selain aplikasi Android untuk membantu orang dewasa meningkatkan kualitas tidurnya, dibangun juga sub sistem website yang dapat digunakan oleh Administrator dalam mengelola konten yang ada pada aplikasi Android berupa artikel mengenai tidur dan tips untuk meningkatkan kualitas tidur. Aplikasi Sleepy yang sudah dibangun dapat membantu orang dewasa mengetahui upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas tidur melalui fitur artikel, tips yang diurutkan berdasarkan kebutuhan, informasi keadaan lingkungan, serta musik relaksasi. Dengan aplikasi Sleepy juga kelompok usia orang dewasa dapat lebih mudah untuk mengetahui seberapa berkualitas tidurnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Tidur, Aplikasi Android, Sensor Smartphone, Nilai Wearable Samsung Gear Fit2
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57925

Actions (login required)

View Item View Item