Rancang Bangun Aplikasi GAIDR Perencanaan Wisata Berorientasi Pada Biaya Studi Kasus Wilayah Kabupaten Cianjur Berbasis Android

Alamsyah, Reza (2018) Rancang Bangun Aplikasi GAIDR Perencanaan Wisata Berorientasi Pada Biaya Studi Kasus Wilayah Kabupaten Cianjur Berbasis Android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tingkat kunjungan wisatawan Kab. Cianjur pada tahun 2015 mengalami penurunan. Hal tersebut mendapat tanggapan dari pemerintah Kabupaten Cianjur dengan menjalankan program percepatan pembangunan yang dimana jika tidak didukung oleh lingkungan sekitar tentu tujuan tidak akan didapatkan dengan cepat. Komunitas backpacker di Indonesia semakin diminati. Backpacker memiliki kesamaan prinsip mendasar yaitu mendapatkan kesenangan sebanyakbanyaknya dengan biaya yang sekurang-kurangnya. Dengan prinsip tersebut, backpacker akan selalu berfikir tentang biaya yang akan dikeluarkan. Berdasar pada hasil kuesioner yang disebar oleh peneliti menyatakan bahwa sebanyak 76,7 % responden menyatakan dirinya ragu akan biaya yang dikeluarkan pada suatu perjalanan wisata dapat sesuai ekspektasi serta sebanyak 52,8% responden tidak pernah merencanakan perjalanan wisata dari segi biaya yang mungkin dikeluarkan. Sebuah aplikasi android yang memiliki fitur perencanaan wisata menjadi usulan peneliti dalam menangani masalah diatas. Teknologi yang digunakan untuk mendukung jalannya aplikasi yang dibangun adalah teknologi GPS yang dimanfaatkan untuk mendapatkan titik koordinat dari smartphone pengguna. Teknologi lainnya adalah Google Maps Android API digunakan untuk mendapatkan layanan peta digital yang akan digunakan pada aplikasi. Lalu teknologi Google Maps Direction API digunakan untuk mendapatkan layanan pecarian rute pada dua titik koordinat serta dimanfaatkan untuk mendapatkan perhitungan jarak dan durasi. Selanjutnya terdapat teknologi Google Places API yang dimanfaatkan untuk mendapatkan tempat-tempat terdekat dengan tempat wisata seperti atm dll. Lalu teknologi Geocoding digunakan untuk merubah alamat menjadi titik koordinat serta Google Distance Matrix API dimanfaatkan untuk penentuan jarak dari lokasi pengguna ke tempat wisata. Penelitian ini semata-mata bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Kab. Cianjur sekaligus untuk membantu wisatawan dalam merencanakan perjalanan wisata khususnya dari segi biaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Wisata, Backpacker, Perencanaan, Biaya, Android, API.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57926

Actions (login required)

View Item View Item