Perbaikan Kualitas Pelayanan Di RSKGM Kota Bandung Dengan Pendekatan Customer Relationship Management

Nur Rachman, Irwan (2018) Perbaikan Kualitas Pelayanan Di RSKGM Kota Bandung Dengan Pendekatan Customer Relationship Management. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) Kota Bandung yang keberadaannya diatur oleh peraturan daerah No.18 Th. 2007 dan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.340 merupakan rumah sakit yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi warga Kota Bandung. Terdapat pelaksanaan survei kepuasan pasien yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 250 pasien setiap tahunnya untuk memperoleh nilai dari setiap unsur-unsur pelayanan pada setiap poliklinik. Namun, pada kuesioner survei kepuasan pasien tersebut masih ada unsur-unsur pelayanan yang belum sesuai untuk mencapai kualitas pelayanan yang baik. Akibatnya pasien di RSKGM merasa kurang puas karena pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan dan dibutuhkan oleh pasien. Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk merancang dan menerapkan strategi Customer Relationship Management, yang didalamnya dapat membantu petugas Seksi Pelayanan Kesehatan dalam merekomendasikan saran perbaikan pelayanan rumah sakit agar kualitas pelayanan pada setiap poliklinik semakin baik, sehingga pasien mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan harapan dan kebutuhannya pada setiap poliklinik di RSKGM Kota Bandung. Setelah melalui tahap pengujian, sistem informasi ini dapat mengatasi masalah yang terjadi. RSKGM Kota Bandung dapat mengetahui seberapa besar selisih antara persepsi pasien terhadap pelayanan yang telah diterima dengan ekspektasi pasien terhadap pelayanan yang akan diterima, sehingga kualitas pelayanan pada setiap poliklinik di RSKGM Kota Bandung semakin baik. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Kualitas Pelayanan, Sistem Informasi, ServQual, RSKGM Kota Bandung.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57927

Actions (login required)

View Item View Item