Membangun Sistem Informasi Inventory Control Dan Distribusi Air Mineral Di PT. Amidis Tirta Mulia Dengan pendekatan Metode Supply Chain Management

Andzar, Fahrul (2018) Membangun Sistem Informasi Inventory Control Dan Distribusi Air Mineral Di PT. Amidis Tirta Mulia Dengan pendekatan Metode Supply Chain Management. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pengendalian persediaan bahan baku merupakan salah satu masalah penting yang dihadapi oleh PT. Amidis Tirta Mulia. Memiliki persediaan terlalu banyak atau sedikit dapat menyebabkan masalah bagi perusahaan. Kurangnya persediaan juga dapat mengganggu seluruh proses produksi yang sedang berjalan dan dapat menyebabkan permintaan agen yang tidak terpenuhi. Tujuan utama penelitian ini untuk mempermudah perusaaan dalam menentukan jumlah bahan baku yang harus tersedia di gudang untuk memenuhi kebutuhan produksi. Single Exponential Smoothing (SES) merupakan salah satu metode peramalan yang dapat digunakan untuk meramalkan pesanan produk untuk periode berikutnya yang dapat digunakan untuk menghitung bahan baku yang dibutuhkan untuk produksi. Dan Safety Stock sebagai batas keamanan untuk persediaan bahan baku. Hasil analisis yang dilakukan dengan metode SES menunjukan adanya kedekatan hasil penjualan pada periode yang diramalkan sebanyak 34426 buah galon sedangkan data aktual dari perusahaan sebanyak 35150 buah galon pada bulan juli 2016. Sehingga metode SES dapat digunakan sebagai alternatif dalam pengendalian persediaan bahan baku yang dilakukan oleh PT. Amidis Tirta Mulia. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Persediaan, Single Exponential Smoothing, Safety Stock.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57931

Actions (login required)

View Item View Item