Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Inventory Bahan Baku Pada PT. Indoalumunium Intiarsa Industri

Sumardi, Jajang (2018) Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Inventory Bahan Baku Pada PT. Indoalumunium Intiarsa Industri. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Indoaluminium Intikarsa Industri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur yang menghasilkan produk aluminium foill. Terdapat lima bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat alumunium foill, diantaranya ingot 99.7%, ingot refinery, scrap, alsi 30% dan altab 80%. Untuk melakukan produksi aluminium foill PT. Indoaluminium Intikarsa Industri belum dapat menentukan jumlah bahan baku yang akan disiapkan setiap bulannya, sehingga terkadang perusahaan mengalami kekurangan bahan baku ataupun mengalami penumpukan bahan baku yang dapat mengakibatkan proses produksi terhambat. Berdasarkan permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk merancang dan menerapkan strategi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Inventory Bahan Baku menggunakan peramalan Single Eksponensial Smoothing (SES) dengan penentuan jumlah pemesanan bahan baku menggunakan metode safety stock. yang didalamnya dapat membantu perusahaan dalam menentukan penyediaan bahan baku setiap bulannya sehingga menjadi lebih efektif. Setelah dilakukan tahap pengujian black box dan User Acceptance Test (UAT), sistem informasi manajemen ini dapat mengatasi permasalahan yang terjadi. PT. Indoaluminium Intikarsa Industri dapat mengetahui berapa banyak bahan baku yang harus disediakan pada setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan produksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PT. Indoaluminium Intikarsa Industri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur yang menghasilkan produk aluminium foill. Terdapat lima bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat alumunium foill, diantaranya ingot 99.7%, ingot refinery, scra
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57934

Actions (login required)

View Item View Item