Pembangunan Multimedia Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMAN 1 Banjaran Kab. Bandung Berbasis Android

Fajat Fathurrohman, Ifan (2018) Pembangunan Multimedia Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMAN 1 Banjaran Kab. Bandung Berbasis Android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kimia merupakan salah satu pelajaran yang memiliki karakteristik tersendiri dan memerlukan keterampilan dalam memecahkan masalah-masalah ilmu kimia yang berupa teori, konsep, hukum, dan fakta dalam proses belajar mengajar guru hanya menggunakan metode ceramah dan tulisan di papan tulis, alat peraga di lab juga sangat terbatas ketika siswa belajar di rumah dengan mengunakan catatan seadanya ketika belajar di kelas. Maka dari itu, salah satu cara untuk membantu guru dalam penyampaian materi ini dapat dilakukan dengan memanfaaatkan teknologi multimedia, 3D, animasi dan penjelasan mengenai materi kimia, oleh karena itu diperlukan teknologi yang lebih maju untuk menghasilkan suatu proses pembelajaran yang interaktif. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata, smartphone dimanfaatkan untuk belajar lebih mudah dipahami oleh siswa dan bisa dipakai dimana saja untuk belajar pada mata pelajaran kimia. Dari hasil pengujian pemahaman siswa terhadap materi kimia, tanpa menggunakan aplikasi maupun dengan menggunakan aplikasi rata-rata nilai yang didapat dari semua kelas yang ada yaitu 82.6 naik dari rata-rata sebelumnya 75, meskipun tidak terlalu signifikan, terbukti bahwa dengan menggunakan aplikasi pembelajaran, siswa lebih memahami materi pelajaran kimia dengan adanya objek virtual yang nyata sehingga minat siswa untuk belajar lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Kimia, SMA 1 Banjaran, Android.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57936

Actions (login required)

View Item View Item