Pembangunan Purawarupa Alat Uji Emisi Kendaraan Bermotor Kategori L3 (Studi Kasus: Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Bandung)

Sidik, Permana (2018) Pembangunan Purawarupa Alat Uji Emisi Kendaraan Bermotor Kategori L3 (Studi Kasus: Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Lebih dari 70 % pencemaran udara disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan yaitu hidro karbon (HC) karbon monoksida (CO) dan Nitrogen Oksida (Nox) khususnya pada kendaraan roda dua atau kategori L3. Berdasarkan peraturan Menteri Lingkungan Hidup tentang Pengelolaan Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaran Bermotor Tipe Baru Kategori L3, ambang batas untuk silinder < 150 cm�³ yaitu CO 2.0, HC 0.8 dan Nox 0.15 sedangkan untuk silinder > 150 cm�³ yaitu CO 2.0, HC 0.3 dan Nox 0.15. Terbatasnya jumlah alat uji emisi untuk kategori L3 menjadi salah satu alasan dibuatnya purwarupa alat uji emisi kategori L3. Alat ini dapat mendeteksi, mengukur serta menampilkan tingkat kandungan gas emisi CO, HC dan Nox. Mini Komputer yang digunakan untuk merancang alat ini adalah Raspberry Pi 3 serta Sensor yang digunakan diantaranya sensor CO(MQ-7), HC(MQ-2) dan Nox(MQ-135) sebagai komponen pendeteksi gas emisi. Data analog yang diambil dari sensor diolah menjadi data digital menggunakan Mini PC Raspberry Pi kemudian hasil pengukuran selanjutnya ditampilkan dilayar monitor berbasis web. Berdasarkan hasil pengujian, alat ini dapat berfungsi dengan baik, namun nilai hasil pengukuran masih mendapatkan rata rata delta sebesar 0.49% untuk CO dan 152.25ppm untuk HC, dimana nilai pengukuran yang didapatkan oleh purwarupa alat uji emisi lebih tinggi daripada alat alat uji emisi yang berada di balai pengujian kendaraan bermotor kota bandung. Sehingga didapat kesimpulan bahwa purwarupa alat uji emisi dapat berfungsi dengan baik namun nilai hasil pengukuran belum seakurat dengan alat uji emisi di balai pengujian kendaraan bermotor kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Uji emisi, Gas kendaraan, Kendaraan L3, Raspberry Pi, Gas Sensor.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57944

Actions (login required)

View Item View Item