Penerapan Outlier Analysis Sebagai Salah Satu Rekomendasi kelompok Belajar Terhadap Siswa kelas 6 Di SDN Pagelaran II

Nugraha, Idham (2018) Penerapan Outlier Analysis Sebagai Salah Satu Rekomendasi kelompok Belajar Terhadap Siswa kelas 6 Di SDN Pagelaran II. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SDN Pagelaran II merupakan salah satu Sekolah Dasar di Kabupaten Cianjur yang berlokasi di Kampung Sinagar, Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran. Untuk dapat dinyatakan lulus siswa harus bisa melewati batas Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) yang telah ditentukan pada masing-masing mata pelajaran. Selain kelas tambahan dan try out bagi kelas 6, biasanya dilakukan juga pembentukan kelompok belajar untuk setiap mata pelajaran. Permasalahannya adalah pihak sekolah biasanya membagi kelompok hanya berdasarkan urutan absensi saja. Sehingga akan mengakibatkan siswa yang unggul berada dalam satu kelompok dengan siswa yang tertinggal dalam suatu mata pelajaran dan dikhawatirkan siswa unggul tersebut akan merasa bosan karena materi yang diberikan sudah dipahaminya diulang-ulang agar siswa yang tertinggal dapat mengejar ketertinggalannya. Berdasarkan pemaparan masalah sebelumnya, solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mencari data pencilan (outlier) dan membentuk pengelompokan siswa berdasarkan nilai siswa dari semester 7-10. Pencarian data pencilan dapat dilakukan dengan metode Distance Based, dan untuk pembentukan kelompok dapat menggunakan metode clustering di data mining. Salah satu algoritma untuk mencari data pencilan adalah algoritma Local Outlier Factor (LOF), dan algoritma yang dapat digunakan untuk melakukan clustering (pengelompokan) adalah algoritma Agglomerative Hierarchical Clustering (AHC). Algoritma AHC mempunyai kemampuan untuk membentuk cluster-cluster berdasarkan kedekatan jarak antar data. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa aplikasi Pembentuk Kelompok Belajar ini sudah membantu pihak kurikulum dalam membentuk kelompok belajar yang sesuai berdasarkan kemiripan nilai siswanya pada masingmasing kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: data pencilan, pengelompokan, local outlier factor, agglomerative hierarchical clustering, data mining.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57951

Actions (login required)

View Item View Item