Analisis Profitabilitas Pelanggan Dengan Pendekatan Costomer Relationship Management (CRM) Di PT. Iforbit Madyan Persada

Rizal, Dzaky (2018) Analisis Profitabilitas Pelanggan Dengan Pendekatan Costomer Relationship Management (CRM) Di PT. Iforbit Madyan Persada. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT.Iforbit Madyan Persada merupakan perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengembangan profesi dan pelatihan. Pihak perusahaan sering mengalami kesulitan dalam menentukan harga kepada pelanggan dikarenakan pelanggan seringkali mengeluh dalam penawaran harga disebabkan oleh budget yang tidak sesuai. Akibatnya sering terjadi negosiasi antara pelanggan dan perusahaan. Hal ini berdampak kepada pendapatan yang diterima oleh perusahaan. Kondisi tersebut membuat pihak perusahaan perlu memperbaiki pelayanan kepada pelanggan. Sehingga pelayana yang dapat diterima oleh pelanggan dapat meningkatkan hubungan kerasama jangka panjang dengan pelanggan. Salah satu solusi dari permasalahan yaitu dengan melakukan Analisis Profitabilitas pelanggan dengan pendekatan Customer Relationship Management. Sistem ini menggunakan metode servqual yaitu metode pengukuran pelayanan berdasarkan nilai gap antara harapan pelanggan akan pelayanan dengan pelayanan yang sesungguhnya pelanggan terima. Metode servqual disajikan dalam bentuk kuesioner. Pendekatan CRM menggunakan framework dynamic CRM dengan tahapan yaitu relationship phase, dynamic relationship management dan customer information type. Hasil pengujian black box dan pengujian beta yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun dapat diterima pengguna. Berfungsi dengan baik dan telah membantu Manager dalam menentukan prioritas perbaikan layanan yang tidak sesuai harapan pelanggan. Sistem juga membantu Manager dalam menentukan harga sesuai dengan kebutuhan pelanggan sehingga hal tersebut dapat memberikan kemudah kepada perusahaan untuk dapat mengukur tingkat kepuasan pelanggan dari pelayanan training yang telah di berikan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management , Dynamic CRM, Servqual.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57952

Actions (login required)

View Item View Item